Sukses

Usia Terbaik Ajak Bayi Mudik

Asalkan bayi sehat, bisa kok diajak mudik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua khawatir membawa bayi mudik. Menurut dokter Rinawati Rohsiswatmo Sp. A (K), bayi boleh diajak mudik asalkan keadaanya sehat.

"Boleh, selama bayi dalam keadaan sehat dan merasa nyaman. Bayi harus mendapat pemeriksaan kesehatan minimal 2 minggu sebelum keberangkatan. Moda transportasi darat, laut, maupun udara diperbolehkan dengan beberapa pertimbangan dan persiapan yang baik," kata Rina di akun Instagram @drrina.id.

Usia yang paling aman membawa bayi, terutama yang prematur untuk melakukan perjalanan mudik adalah saat usianya mencapai 2 hingga 3 bulan. Selama mudik, sesuaikan pakaiannya dengan cuaca. Jika menggunakan jalur darat, kenakan pakaian yang sejuk. Siapkan saja jaket atau selimut, bila cuaca dingin.

 

 

Hindari mengenakannya dengan pakaian terlalu tebal. Ganti juga pakaian bayi setiap 4 jam agar kulitnya tak iritasi, termasuk popoknya.

"Beri bayi minum sebelum berangkat agar bayi kenyang dan nyaman, selanjutnya tetap berikan minum semau bayi," pesannya.

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.