Sukses

Kekaguman Ani Yudhoyono Terhadap Sosok Ibunya

Ani Yudhoyono punya penilaian sendiri terhadap sang ibu, Sunarti Sri Hadiyah.

Liputan6.com, Jakarta - Ani Yudhoyono belajar banyak soal etiket pergaulan internasional dari sang ibu, Sunarti Sri Hadiyah. Menurut Ani, perempuan yang melahirkannya itu begitu luwes memelihara pergaulan di kalangan para istri duta besar (dubes) negara sahabat di Korea Selatan.

Dalam tempo yang singkat, ibunda Ani Yudhoyono itu bisa mengetahui tata cara bersosialisasi di kalangan para diplomat. Saat itu, Ani turut serta bersama keluarga ke Korea Selatan karena sang bapak, Sarwo Edhie Wibowo, ditunjuk menjadi duta besar.

"Saya kagum melihat ibu," kata Ani Yudhoyono dikutip Health Liputan6.com dari buku berjudul 10 Tahun Perjalanan Hati pada Sabtu, (1/6/2019).

Ani ingat, ibunya akan selalu mengundang para istri dubes yang terlebih dahulu menjamunya makan siang. Tidak jarang ibunya mengundang makan di kediaman secara bersamaan biar lebih dekat lagi.

"Asalkan mereka semua itu cocok untuk dikumpulkan dalam satu acara jamuan," Ani Yudhoyono bercerita.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekaguman Ani Yudhoyono Terhadap Ibunya

Hal lain yang membuat Ani sangat mengagumi ibunya, karena perempuan tersebut tak pernah gentar menghadapi tantangan apa pun.

Istri Presiden ke-5 Susilo Bambang Yudhyono (SBY) ini menilai sang ibu sebagai sosok yang mau belajar. Dia selalu memperlihatkan tekad belajar yang tinggi untuk bisa berperan menjadi Nyonya Dubes RI di Korea Selatan.

"Ibu belajar dengan cepat. Dalam tempo singkat, saya bisa menyaksikan perkembangan yang luar biasa di dirinya," kata Ani Yudhoyono.

"Ibu begitu excellent menjadi nyonya rumah dalam berbagai acara jamuan yang digelar di rumah kami," Ani melanjutkan ceritanya.

 

3 dari 3 halaman

Ani Yudhoyono : Ibu Sosok Sederhana dan Njawani

Menurut Ani, ibunya yang merupakan sosok sederhana dan sangat njawani, bisa menyulap diri menjadi perempuan dengan kepintaran bersikap di ajang internasional.

Dia selalu rapi berdandan dan luwes dalam berbicara dengan istri dubes, ini dan itu.

"Ibu juga mempelajari cara bertutur, sikap, unggah-ungguh yang elegan dan penuh etiket untuk bisa tampil elegan dan penuh wibawa sebagai ibu dubes," katanya.

Satu hal yang pada akhirnya dapat Ani Yudhoyono simpulkan dari apa yang dilakukan ibunya adalah selalu berusaha mengenalkan Indonesia melalui segala yang dia lakukan dan ucapkan.

Dirinya menjadi wahana mengharumkan nama Indonesia. Teladan itu yang Ani serap dengan baik.

Contohnya saja saat menemani papi bertugas. Ibunya akan memotivasi Ani untuk mau menari Bali di hadapan para tamu, juga menampilkan ragam kerajinan khas Indonesia dalam dekorasi atau untuk dipamerkan.

"Makanan Indonesia? Jangan ditanya. Di antara ragam menu internasional, ibu pasti menyelipkan menu khas Indonesia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.