Sukses

Bawa Anak Saat Mudik, Ini Imbauan KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mudik ramah anak untuk orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Mudik ramah anak sangat penting diperhatikan. Butuh persiapan matang mengajak anak melakukan perjalanan mudik seperti disampaikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

"Orangtua sebaiknya memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan, kenyamanan dan kesehatan anak saat perjalanan mudik berlangsung," kata Ketua KPAI Susanto dalam keterangan rilis, Rabu (29/5/2019).

Siapkan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan. Misal, obat-obatan berupa minyak angin, flu, dan gatal-gatal.

Selain itu, pastikan orangtua menyiapkan mainan yang aman dan disukai anak-anak. Hal ini untuk menemani anak sepanjang perjalanan.

"Ya, adanya mainan agar anak bisa nyaman selama perjalanan mudik," lanjut Susanto.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Anak

Bagi orangtua yang membawa anak mudik menggunakan angkutan umum, seperti bus, kereta api, pesawat, kapal laut maupun moda transportasi pribadi harus menjaga keselamatan anak.

"Awasi anak dan pastikan keselamatan anak dari segala potensi bahaya yang dapat mengancam setiap saat," Susanto menambahkan.

Suasana mudik yang padat bisa saja membuat anak lepas dari pengawasan anak. Anak bisa hilang dalam perjalanan, menjadi korban kekerasan, pencopetan, dan kekerasan seksual. Penculikan anak pun bisa terjadi.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.