Manfaat Menakjubkan Konsumsi Kacang Hijau Saat Berbuka Puasa

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 30 Mei 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 01 Jun 2019, 00:13 WIB
Kacang Hijau

Liputan6.com, Jakarta Menu berbahan kacang hijau menjadi salah satu santapan yang tak boleh ketinggalan saat berbuka puasa. Sebut saja bubur kacang hijau yang cocok sebagai takjil berbuka puasa, sebagaimana keterangan rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Rabu (29/5/2019),

Bukan hanya kelezatan saja, ada manfaat menakjubkan dari mengonsumsi kacang hijau. Jika Anda mengonsumsi satu cangkir kacang hijau segar atau beku yang dimasak, maka Anda akan mendapatkan 10 gram karbohidrat dalam bentuk pati dan serat. Ada 4 gram pati dalam satu porsi kacang hijau.

Pati menyediakan energi cepat bagi tubuh. Serat dalam kacang hijau membantu menstabilkan gula darah, meningkatkan rasa kenyang, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

"Tidak ada kandungan lemak dalam kacang hijau. Makanan seperti kacang hijau yang secara alami memberikan nutrisi baik tanpa lemak adalah tambahan cerdas untuk diet apa pun," jelas pensiunan ahli jantung Richard N Forogos, dikutip dari Very Well Fit.

Richard mengingatkan, cara Anda menyiapkan kacang hijau dapat memengaruhi kadar lemak. Kebanyakan orang mengukus kacang hijau lalu di atasnya ditaruh mentega atau menumis kacang hijau dalam minyak zaitun.

Kedua metode memasak tersebut menambah lemak pada makanan. Anda bisa memasak kacang hijau secara alami atau jika ingin membuat kacang hijau, ganti santan dengan susu kedelai.

2 of 3

Pelengkap Sehat untuk Diet

[Fimela] Diet
Bisa jadi pelengkap untuk diet. | unsplash.com

Kacang hijau bisa menjadi tambahan sehat untuk diet karena sumber energi rendah kalori dan lemak. Makanan kaya nutrisi dari kacang hijau ini membantu mencapai atau mempertahankan berat badan.

Ini terjadi dipengaruhi kandungan protein dan serat sehingga membuat perut lekas kenyang. Anda juga bisa mengambil manfaat kandungan vitamin dari kacang hijau.

Vitamin C (asam L-askorbat) dalam kacang hijau bertindak sebagai anti-oksidan untuk melindungi sel-sel di tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen, yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga membantu tubuh menyerap zat besi.

Ada juga kandungan vitamin K dalam kacang hijau sangat penting untuk fungsi pembekuan darah dalam tubuh.

"Ini sangat penting bagi orang yang menggunakan pengencer darah. Vitamin K juga meningkatkan kesehatan tulang," lanjut Richard.

Ketika Anda memasukkan lebih banyak makanan nabati, seperti kacang hijau, hal itu mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kronis lainnya.

3 of 3

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by