Sukses

Menkes Nila Moeloek Imbau Pemudik Cek Kesehatan Sebelum Mudik Lebaran

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengimbau agar para pemudik menjaga kesehatan dengan baik saat mudik, khususnya sebelum melakukan perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengimbau agar para pemudik menjaga kesehatan dengan baik saat mudik Lebaran, khususnya sebelum melakukan perjalanan.

"Kalau bisa sebelum berangkat cek kesehatanlah," kata Nila di stasiun Gambir pada Selasa (28/5/2019).

Menurut Nila, mudik adalah kegiatan yang sesungguhnya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Karena itu, pemudik seharusnya juga sudah memeriksakan kesehatan sebelum bepergian.

"Jadi pas sudah rencana harusnya badan sudah fit. Jangan waktu mau berangkat malah baru periksa," kata Nila. Apalagi bila saat mudik, orang masih dalam keadaan berpuasa.

Pada calon pemudik dengan kendaraan bermotor jalur darat, Nila mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan cukup banyak pos kesehatan di sepanjang jalur mudik  Lebaran. Ada 6047 fasilitas kesehatan di 34 provinsi yang disediakan oleh Kemenkes bekerja sama dengan beberapa lembaga dan kementerian lain.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas kesehatan yang tersedia bagi pemudik

Dari data yang diterima Health Liputan6.com, fasilitas kesehatan tersebut terdiri dari 4.210 puskesmas, 144 rumah sakit rujukan dan 375 rumah sakit di sekitar jalur Pantura, 188 public safety center, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 923 pos kesehatan.

"Makanya kalau misalnya ada pusing-pusing, berhenti di rest area. Cek tekanan darah, cek gula darah, bahkan periksa stres juga bisa, " kata Nila berpesan.

Kerja sama antar lembaga dalam mempersiapkan mudik juga dinilai penting dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik.

"Dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, saya kira itu utama. Tapi yang lebih utama ya manusianya, kita sendiri yang menguasai. Di sini kami dari (Kementerian) Kesehatan yang terlibat dalam hal ini bahwa, mari kita mudik dengan sehat," Nila menambahkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.