Sukses

Ini Alasan Anda Perlu Asupan Sayur dan Buah Selama Puasa

Hindari gorengan tapi perbanyak sayur dan buah selama puasa karena memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Bukan tanpa alasan Anda diminta untuk memperbanyak makan sayur dan buah selama Cara paling mudah untuk menjaga asupan dan stamina tubuh saat puasa adalah mengonsumsi sayur-sayuran.

“Banyak makan sayur dan buah karena mengandung serat sehingga saat berpuasa tidak dehidrasi. Kalau seratnya cukup, maka terpenuhi juga kebutuhan protein dan yang lainnya,” kata dokter spesialis gizi klinik, Jovita Amelia, pekan lalu.

Tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencegah dehidrasi, kandungan serat tinggi dapat menahan lapar hingga 14 jam. Anda bisa mengonsumsi sayuran berserat tinggi seperti bayam atau menggantinya dengan buah pisang.

Sayur dan buah tersebut sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat bulan puasa. Selain itu, buah dan sayur pun membebaskan dari kolesterol jahat, memberikan asupan vitamin, mineral, betakaroten, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Kurangnya konsumsi sayur dan buah untuk periode yang cukup lama dapat menurunkan daya tahan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Selama Puasa

Maka dari itu, gantilah makan-makanan yang banyak mengandung gas dan bersantan dengan buah maupun sayur.

"Hindari makan-makanan seperti gorengan, pedas dan santan yang tinggi lemak karena bisa mempercepat pergerakan lambung sehingga lambung menjadi cepat kosong,” pungkas Jovita.

 

Penulis: Cynthia Amanda Male

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini