Sukses

Alasan Puluhan Anak Terseret dalam Kerusuhan 22 Mei 2019

Puluhan anak usia belasan tahun ikut terlibat dalam kerusuhan pada 22 Mei. Kementerian Sosial ungkap alasan mereka berada di sana.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bertanya-tanya alasan puluhan anak-anak usia belasan tahun ikut serta dalam kerusuhan buntut aksi 22 Mei 2019. Menurut keterangan Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial, Kanya Eka Santi, sebagian dari mereka mengaku ikut-ikutan. 

"Dari assessment (pemeriksaan) tahap awal, anak-anak itu mengaku ikut-ikutan aksi, diajak teman. Ada juga yang diminta buat memegang batu lalu disuruh melempar batu juga," ujar Kanya dalam konferensi pers di Kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jakarta, Senin (27/5/2019).

Namun, Kanya mengatakan perlu pendalaman lebih lanjut terkait alasan mereka terlibat kerusuhan pada 22 Mei 2019. Seperti pendalaman soal siapa yang menyuruh anak buat melempar batu; apakah sebelumnya ada koordinasi atau spontan melempar batu.

 

 

Saat ini, ada 52 anak yang terlibat dalam kerusahan pada aksi 22 Mei 2009 yang berada di rumah aman Kementerian Sosial. Berhubung proses pemeriksaan masih terjadi, mereka belum dikategorikan termasuk sebagai korban, pelaku, atau saksi.

"Sampai saat ini, kami belum bisa mengkategorikan (anak-anak) yang mana korban, pelaku, dan saksi," lanjut Kanya.

Pemeriksaan dilakukan secara bertahap meniliki pada aspek fisik dan psikologis anak. "Anak-anak ini usianya antara 14-17 tahun. Mereka kan rata-rata masih sekolah. Dan sesuai usia, mereka masih tidak stabil," tambah Kanya.

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.