Sukses

Anak Main di Rumah Vs Anak Main di Luar Ruangan, Mana Lebih Baik?

Memang ketika anak bermain di dalam rumah, pakaiannya, tangan, kaki serta kebersihannya akan terjamin.

Liputan6.com, Jakarta Bermain memberi banyak manfaat bagi anak. Dengan bermain, anak bisa mengeksplorasi lingkungan serta mengembangkan kemampuan motoriknya secara lebih baik. Berikut sharing Mommy Fiko Prilla Sari dari Babyologist seputar anak bermain di rumah dan luar rumah. 

Setiap anak pasti sangat senang bermain, apa saja yang dilihatnya pasti selalu dijadikan mainan entah alat dapur, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya. Begitupun ketika ia keluar rumah, melihat tempat ramai, luas, dan penuh warna ia pun langsung berlari-larian dan bermain. Nah Moms termasuk yang mana nih, senang anaknya bermain di dalam rumah saja atau di luar rumah?

Memang ketika anak bermain di dalam rumah, pakaiannya, tangan, kaki serta kebersihannya akan terjamin. Kita pun bisa sambil santai duduk atau baring melihat anak bermain di dalam rumah. Walau rumah akan berantakan dibuatnya, tetapi itulah yang membuat anak happy.

Nah kalau saya termasuk yang senang anak bermain di luar, walau bajunya akan kotor, kakinya, tangan, serta wajahnya tetapi itulah yang membuat dia banyak belajar akan hal baru. Saya pun tidak pernah melarang jika anak ingin bermain di luar rumah. Tapi tetap Moms harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal yang perlu diperhatikan ketika anak bermain di luar

Hal yang perlu diperhatikan saat anak mau main di luar rumah

  1. Pastikan waktu anak bermain adalah setelah ia bangun tidur siang. Di mana waktu ia bangun dari tidur siang tenaga dan semangatnya terkumpul kembali dan dia pun bisa bermain dengan aktif dan ceria.
  2. Pastikan anak sudah makan dulu, tetapi ada juga orangtua yang menyuapi anaknya sambil bermain di luar, saya rasa it's ok aja yang penting anak kenyang.
  3. Gunakan sandal yang nyaman buat si Kecil jangan biarkan ia bermain tanpa alas kaki, kecuali di taman bermain anak-anak.
  4. Jangan lupa tetap mengawasi si Kecil bermain atau kita bisa bermain bersamanya.

Begitu banyak juga manfaat si Kecil bermain di luar, salah satunya ia bisa lebih mengenal lingkungannya dan bersosialisasi. Ini juga sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

Anak saya, Shaka sangat senang jika bermain di luar, ia bisa mengeksplor hal-hal baru, mengenal apapun yang tidak diketahui sebelumnya. Ini sama seperti belajar yang tidak hanya dilakukan di dalam rumah. Jadi, Moms jangan takut dan cemas jika si Kecil selalu berusaha ingin keluar dari rumah ketika melihat pintu. Ajaklah ia bermain di luar bersama agar ia semakin ceria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.