Sukses

Cegah Radang Tenggorokan di Bulan Puasa dengan Kencur

Kencur, pencegah radang tenggorokan pada orang-orang yang sedang puasa.

Liputan6.com, Jakarta Kencur, bumbu dapur dengan aroma yang khas, dapat membantu orang yang sedang berpuasa terhindar dari radang tenggorokan.

Puasa membuat kita kehilangan cairan. Tidak minum selama belasan jam, dehidrasi pun melanda dan tenggorokan menjadi kering. Risikonya, kita jadi mudah mengalami radang tenggorokan.

"Secara spesifik kurang minum bukanlah penyebab radang tenggorokan. Namun, kurang minum jelas mengakibatkan dehidrasi. Dampaknya tenggorokan menjadi kering, dan bisa meningkatkan radang tenggorokanManfa,"kata dr Sepriani Timurtini Limbong dari Klik Dokter dikutip Health Liputan6.com pada Minggu, 26 Mei 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegunaan Kencur

Terkait kegunaannya itu, dr Melyarna Putri menjelaskan bahwa kencur mengandung zat sitotoksik dan antibakteri yang dipercaya ampuh menangkal radang tenggorokan, yang disebabkan bakteri Streptococcus pyogenes.

Selain itu, tanaman herbal yang dikenal dengan sebutan Curcuma zedoaria juga menyimpan sifat antiradang. "Selain dapat membantu menonaktifkan bakteri penyebab radang tenggorokan, kencur juga dapat meredakan sensasi nyeri, panas, dan demam akibat penyakit tersebut," Melyarna menjelaskan.

Lebih lanjut, Melyarna mengatakan bahwa kencur memiliki manfaat untuk melegakan saluran pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Tak heran, orang-orang yang pekerjaannya sangat bergantung pada kondisi tenggorokan seperti penyanyi atau pemain teater, akan menjadikan tanaman herbal ini sebagai senjata andalan sebelum tampil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • kencur