Sukses

Awas, Aneka Penyakit Intai Orang yang Tidur Berlebihan

Apakah Anda merasa tidur berlebihan lebih dari sembilan jam? Jika iya, aneka penyakit mengintai.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan hal penting bagi kesehatan. Bagi orang dewasa disarankan tidur sekitar tujuh jam setiap malam. Tidur lebih dari sembilan jam juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Studi menemukan keterkaitan antara tidur berlebihan dengan masalah kesehatan bahkan meningkatkan risiko kematian. Sebuah studi dalam Journal of the American Heart Association menunjukkan risiko tidur terlalu lama.

Tidur 9 jam dapat meningkatkan 14 persen risiko kematian dini. Tidur 10 jam dapat meningkatkan 30 persen kematian dini, lalu tidur 11 jam dapat meningkatkan risiko yang sama hingga 47 persen. Risiko kematian karena penyakit jantung dan stroke juga meningkat semakin lama waktu tidur.

"Dalam gaya hidup modern, orang biasanya justru sengaja membatasi waktu tidur karena pekerjaan, mengurusi keluarga, hobi dan aktivitas lainnya. Penelitian kami menunjukkan bahwa tidur lebih dari yang disarankan dapat memberikan dampak yang jauh lebih buruk dibanding kurang tidur," kata MBBS dan Peneliti Studi Chun Shing Kwok, seperti dikutip dari Health, Jumat (24/5/2019).

Penelitian lain menunjukkan bahwa kebiasaan tidur lebih dari tujuh jam setiap malam dapat meningkatkan risiko diabetes. Studi lain menemukan bahwa durasi tidur ekstrim dapat meningkatkan protein C-reactive yang meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

 

Saksikan juga video berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi Dokter

Salah satu peneliti tentang tidur berlebihan dan penyakit, dokter Chun Shing Kwok mengatakan bahwa penelitiannya hanya mendemonstrasikan kemungkinan keterkaitannya.

"Tidur dengan durasi lebih lama kemungkinan merupakan pertanda dari penyakit yang ada seperti kondisi yang tidak dapat terdeteksi. Misalnya gagal jantung, anemia, hipotiroid, atau sleep apnea,” kata Kwok.

Anda mungkin tidur sembilan jam sehari dan tidak mengalami masalah apapun. Jika Anda terbiasa dengan waktu tidur tersebut selama bertahun-tahun maka kemungkinan hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Bila Anda merasa bahwa oversleeping merupakan salah satu pertanda hal yang salah maka Anda lebih baik mengunjungi dokter.

"Dokter dan pasien harus memperhatikan waktu tidur sebagai gejala dari suatu penyakit. Dokter mungkin harus melakukan pemeriksaan terkait tidur dengan konsultasi," kata Kwok.

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.