Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Idap Psoriasis, Kulit Ahmed Mengelupas Setiap Berhubungan Seks

Kulit mengelupas karena psoriasis, pria Inggris merasa kesakitan bahkan tidak bisa bercinta.

Liputan6.com, Inggris Jassem Ahmed (28) asal London, Inggris tidak bisa berjalan, mengenakan pakaian atau berhubungan seks karena penyakit psoriasis yang dialaminya. Kulitnya pun mengelupas selama enam bulan.

Pertama kali Ahmed menemukan bercak kulit kering dan bersisik berwarna merah di belakang telinganya. Ketika ia berusia 19 tahun, kulit kering itu menyebar ke seluruh tubuh dalam beberapa bulan.

Saat ini, psoriasis membuat Ahmed sangat menderita. Ia sangat kesakitan untuk sekadar berjalan dan hanya bisa mengenakan celana pendek. Bahkan ia tidak boleh keluar rumah selama dua bulan terakhir.

Gangguan psoriasis sangat parah sehingga kukunya rontok dan tidak dapat berhubungan seks. Ahmed harus menyeka keringat yang memicu terbukanya luka melalui psoriasis yang menutupi tubuhnya.

Walaupun putus asa Ahmed bersama pasangan, Serena (29) mencoba perawatan segalanya. Sebut saja perawatan steroid hingga agen kemoterapi serta terapi sinar UV, yang membuatnya buta selama tujuh jam.

"Aku menderita psoriasis di seluruh kaki. Jadi, aku tidak bisa berjalan. Ini menyebalkan bagiku karena aku orang yang cukup aktif," ujar Ahmed, sesuai dikutip dari Mail Online, Kamis (23/5/2019).

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kian stres

Ahmed mengakui, psoriasis yang dialaminya membuat ia stres dan memburuk. Pada suatu waktu, ia merasa malu .

“Untuk waktu yang lama, teman-temanku tidak tahu kalau aku menderita psoriasis. Ya, aku menyembunyikannya dengan pakaian lengan panjang dan leher kura-kura serta celana panjang," ujarnya.

Ia juga telah berhenti alkohol dan produk susu dari dietnya setelah mengetahui mereka memperburuk kondisinya. Cuaca dingin dapat memperburuknya psoriasis.

3 dari 3 halaman

Lawan psoriasis

Ahmed bahkan pernah mencoba kemoterapi, yang menurutnya menyebabkan luka parut pada hati. Ia juga diberikan imunosupresan, yang hanya membuatnya merasa lebih tidak sehat.

"Sejak tahun 2015 dan seterusnya, aku mungkin minum enam atau tujuh obat berbeda," jelasnya.

Ahmed menghasilkan video YouTube berjudul 'Trapped In My skin - A Battle With Psoriasis' untuk meningkatkan kesadaran akan kondisi psoriasis. Videonya telah ditonton 2.400 kali hanya dalam waktu tiga hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.