Sukses

Kadinkes Batam: Tidak Ada Warga Idap Cacar Monyet

Kadinkes Batam membantah rumor yang mengatakan cacar monyet masuk ke wilayah kerjanya.

Liputan6.com, Batam- Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Didi Kusmarjadi, membantah rumor yang menyebutkan virus cacar monyet masuk dan menyebar di Batam. Dia memastikan bahwa tidak ada warga di wilayah yang dekat dengan Singapura ini terkena cacar monyet.

"Tidak ada yang mengidap cacar monyet," kata Didi di Batam pada Sabtu (18/5/2019) seperti dilansir dari Antara.

Meski tidak ada kasus, pemerintah termasuk dinas kesehatan setempat melakukan berbagai upaya mencegah masuknya penyakit yang berasal dari virus monkeypox ini. Berbagai upaya diantaranya memindai suhu tubuh semua orang yang baru masuk Batam melalui pelabuhan dan bandara internasional. Sudah disiapkan pula ruang isolasi untuk orang terduga membawa virus cacar monyet.

Didi juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga hewan peliharaan, termasuk monyet, agar terhindar dari infeksi virus monkeypox.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Batam Tidak Perlu Resah

Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mengeluarkan imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat terkait penyakit cacar monyet. Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga membagikan informasi mengenai cacar monyet agar masyarakat bisa mengantisipasi dan tidak resah.

"Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Wabah cacar monyet sejauh ini masih dapat dikendalikan," kata Erlangga melalui pesan aplikasi kepada masyarakat.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.