Sukses

Waspada Cacar Monyet, Petugas KKP Palembang Periksa Awak Kapal

Pemeriksaan kesehatan awak kapal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus penyakit cacar monyet.

Liputan6.com, Jakarta Guna mencegah penyebaran cacar monyet, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Sumatera Selatan memeriksa kesehatan awak kapal, terutama dari Singapura, ketika melakukan bongkar muat di Pelabuhaan Boom Barusa, Kota Palembang.

"Pemeriksaan kesehatan awak kapal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus penyakit cacar monyet atau 'monkeypox' melalui awak kapal," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang, Marjunet di Palembang seperti mengutip Antara.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan awak kapal, untuk mewaspadai masuknya penyakit cacar monyet ke kota ini, pihaknya juga berupaya melakukan pengawasan ketat lalu lintas orang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Petugas melakukan pengawasan ketat setiap penumpang pesawat yang datang dari luar negeri terutama dari Singapura yang kini tengah ada kasus cacar monyet.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Alat Pendeteksi Suhu Tubuh

Untuk melakukan pengawasan penumpang pesawat, di pintu kedatangan internasional Bandara SMB II ditempatkan petugas dan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner).

Kedatangan penumpang pesawat udara dari Singapura setiap hari sekitar 100 orang, mereka yang masuk ke kota ini perlu dipastikan tidak membawa virus penyakit cacar monyet.

"Kami menyiagakan sejumlah petugas kesehatan pelabuhan dan dua alat thermal scanner setiap ada jadwal kedatangan penumpang pesawat dari Singapura," ujarnya.

Jika dalam kegiatan pengawasan tersebut ditemukan penumpang pesawat dan awak kapal terindikasi menderita penyakit cacar monyet, pihaknya akan melakukan tindakan isolasi agar tidak terjadi penyebaran wabah penyakit tersebut.

Melalui upaya pencegahan tersebut diharapkan penyakit cacar monyet yang kasusnya banyak ditemukan di negara tetanga itu tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi warga di Ibukota Provinsi Sumsel ini, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.