Sukses

4 Cara Ampuh Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Kram atau nyeri perut saat menstruasi kerap terjadi pada wanita. Ini cara yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian perempuan mengalami kram perut saat menstruasi. Kondisi ini terjadi karenaadanya kontraksi dari otot uterus.

Saat otot-otot tersebut menekan pembuluh darah, yang membuat oksigen jadi berkurang yang menimbulkan rasa sakit atau kram saat menstruasi. 

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut, berikut empat tips yang bisa dicoba seperti melansir dari Boldsky.

1. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat pada bagian perut bawah atau abdomen dapat mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan botol yang diisi dengan air hangat sebagai alat kompres. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi.

2. Pijatan

Pijatan yang berfokus di abdomen, punggung dan bagian samping badan selama 15 menit dapat menurunkan kram sebanyak 90 persen. Anda juga dapat menggunakan essential oil yang dapat memberi efek tenang pada pikiran.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jaga Pola Makan

 

Hindari makanan yang menyebabkan air berlebihan dalam tubuh atau kembung. Hindari mengonsumsi hal lain seperti minuman berkarbonasi, kafein, makanan berlemak, alkohol dan makanan dengan garam berlebihi. Makanan tersebut merusak tingkat gula darah serta memperburuk kram menstruasi.

4. Olahraga

Otot yang sehat akan mengurangi rasa sakit saat kontraksi otot uterus terjadi. Maka, biasakan untuk berolahraga setiap secara rutin. 

Jalan kaki atau yoga dapat dilakukan saat menstruasi terjadi. Olahraga menimbulkan endorfin yang membuat pikiran tenang dan mengurangi kram menstruasi.

 

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.