Sukses

Manfaat Buka Puasa dengan Segelas Air Putih dan Kurma

Buka puasa sebaiknya cukup dengan segelas air putih dan kurma

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa dianjurkan untuk minum segelas air putih dan buah, ketimbang yang lain.

"Puasa pastinya haus banget. Jadi, harus minum air putih sesegara mungkin. Karena selama puasa dehidrasi, kita harus gantikan kekurangan cairan dengan minum air putih," kata Astri Kurniati, S.T., M.App.Sc., Head of Nutrifood Research Center belum lama ini.

Saat buka puasa, salah satu yang harus dihindari adalah penggunaan gula, seperti teh manis.

Menurut Astri, rasa manis bisa bikin orang yang berpuasa itu merasa lebih haus. "Hausnya kayak enggak selesai-selesai, padahal sudah seharian menahan haus. Sebaiknya, dihindari yang tinggi gula," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Begitu?

Saat disinggung mengapa hal tersebut bisa terjadi, Astri, menjawab,"Lebih kepada efek sensorik dari rasa gula itu sendiri di mulut."

Sebenarnya, minuman manis bisa memberikan efek hidrasi pada tubuh. Cuma karena efek gulanya tadi, di mulut seperti rasanya mau minum lagi.

"Berasa kan kalau kita minum minuman manis, kayak masih haus. Sedangkan air putih memunculkan rasa segar. Sensasi yang ditinggalkan beda sekali," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Lupa Buah Saat Buka Puasa

Selain air putih, menyantap buah juga bagus saat berbuka puasa, seperti kurma. Buah, kata Astri, mengandung karbohidrat sederhana yang memang dibutuhkan tubuh guna mengembalikan energi dengan cepat. 

"Gula pun sebenarnya contoh karbohidrat sederhana, tapi buah adalah contoh yang paling bagus. Karena tidak cuma sekadar kasih energi, tapi kaya juga akan serat, vitamin, dan mineral," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini