Manfaat Buka Puasa dengan Segelas Air Putih dan Kurma

Oleh Aditya Eka Prawira pada 15 Mei 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2019, 15:13 WIB
Minum air putih (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa dianjurkan untuk minum segelas air putih dan buah, ketimbang yang lain.

"Puasa pastinya haus banget. Jadi, harus minum air putih sesegara mungkin. Karena selama puasa dehidrasi, kita harus gantikan kekurangan cairan dengan minum air putih," kata Astri Kurniati, S.T., M.App.Sc., Head of Nutrifood Research Center belum lama ini.

Saat buka puasa, salah satu yang harus dihindari adalah penggunaan gula, seperti teh manis.

Menurut Astri, rasa manis bisa bikin orang yang berpuasa itu merasa lebih haus. "Hausnya kayak enggak selesai-selesai, padahal sudah seharian menahan haus. Sebaiknya, dihindari yang tinggi gula," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Mengapa Begitu?

Cara Melangsingkan Badan dengan air putih
Cara Melangsingkan Badan dengan air putih (sumber: istockphoto)

Saat disinggung mengapa hal tersebut bisa terjadi, Astri, menjawab,"Lebih kepada efek sensorik dari rasa gula itu sendiri di mulut."

Sebenarnya, minuman manis bisa memberikan efek hidrasi pada tubuh. Cuma karena efek gulanya tadi, di mulut seperti rasanya mau minum lagi.

"Berasa kan kalau kita minum minuman manis, kayak masih haus. Sedangkan air putih memunculkan rasa segar. Sensasi yang ditinggalkan beda sekali," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Lupa Buah Saat Buka Puasa

Manfaat Air Rendaman Kurma
Kurma / Sumber: iStockphoto

Selain air putih, menyantap buah juga bagus saat berbuka puasa, seperti kurma. Buah, kata Astri, mengandung karbohidrat sederhana yang memang dibutuhkan tubuh guna mengembalikan energi dengan cepat. 

"Gula pun sebenarnya contoh karbohidrat sederhana, tapi buah adalah contoh yang paling bagus. Karena tidak cuma sekadar kasih energi, tapi kaya juga akan serat, vitamin, dan mineral," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓