Sukses

Santap Makanan Ini Saat Sahur, Badan Dijamin Tak Lemas Seharian

Menu sahur menentukan apakah Anda bakal lemas atau tidak sepanjang hari

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang disantap pas sahur merupakan penentu badan bakal mudah lemas atau tidak selama satu hari.

Ingat, belasan jam tubuh tak terisi oleh makanan apa pun. Energi pun jadi mudah terkuras karena padatnya aktivitas di kantor. 

Nah, agar kelelahan pada tubuh dan badan lemas bisa hilang serta tidak kembali lagi keesokan harinya, cobalah konsumsi makanan-makanan sehat berikut sebagai menu buka puasa maupun sahur.

Karbohidrat kompleks

Ketimbang nasi putih atau mi yang mengandung karbohidrat sederhana saatu sahur, cobalah ganti dengan nasi merah, roti gandum, biji-bijian utuh, atau oatmeal yang merupakan karbohidrat kompleks.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, karbohidrat kompleks mengandung gula dengan rantai yang lebih panjang sehingga membutuhkan waktu cerna lebih lama.

Dengan begitu, semakin awet pula makanan tersebut dalam memberikan pasokan energi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Makanan Saat Sahur

Lemak baik

Tidak semua lemak buruk untuk kesehatan. Ada juga jenis lemak baik, yang justru menunjang kesehatan tubuh Anda luar dan dalam.

Makanan yang memiliki kandungan lemak baik seperti alpukat dan kacang-kacangan justru akan mengusir rasa lemas dan lelah dari tubuh Anda.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, alpukat sangat baik untuk disajikan tanpa tambahan apapun. Sedangkan kacang-kacangan baiknya disajikan dengan cara direbus atau kukus.

Kafein

Ada kalanya tubuh hanya ampuh diberi kafein agar bisa “bangun” kembali. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi asupan berkafein seperti kopi atau teh, asalkan tidak berlebihan, khususnya saat berbuka.

Kafein bertugas sebagai stimulan yang dapat meningkatkan produktivitas hormon adrenalin, sehingga Anda segar kembali.

Hindari konsumsi kafein mendekati waktu tidur. Sebab, itu bisa mengganggu pola tidur, bikin Anda susah bangun sahur, gagal sahur, yang kesemuanya bisa membuat badan makin lemas.

 

3 dari 3 halaman

Menu Lain Pas Sahur

Protein

Protein dapat mengatur pelepasan energi. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, protein juga berperan penting dalam pembentukan hormon, pertumbuhan sel, serta pembentukan otot.

Maka, dapatkan protein dari daging, telur, ikan, kacang kedelai, keju, atau susu, agar tubuh Anda kuat kembali. Tetap ingat porsi saat konsumsi supaya tidak berlebihan, ya!

Air putih dan jus buah

Cairan membantu mengontrol suhu tubuh melalui keringat, menggerakan makanan melalui usus, dan memberi pelumas untuk melindungi otot serta sendi. Cairan juga merupakan unsur penting dalam produksi molekul energi.

Saat Anda dehidrasi akibat berpuasa, tubuh akan terasa lemas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tidak boleh sama sekali melewatkan air putih dan jus buah ketika berbuka puasa.

Jika tidak terlalu suka buah yang diminum, Anda dapat mengonsumsi buah potong yang mengandung banyak air, misalnya semangka atau melon. Intinya, untuk mengusir kelelahan, Anda mesti mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari.

Penulis : Ayu Maharani / Klik Dokter

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sahur adalah kegiatan yang dilakukan jelang subuh untuk mempersiapkan puasa
    Sahur adalah kegiatan yang dilakukan jelang subuh untuk mempersiapkan puasa

    Sahur

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

Video Terkini