Sukses

Setelah Tahu 4 Manfaatnya Ini, Yakin Tak Mau Rutin Jalan Kaki?

Jalan kaki secara rutin tiga kali seminggu tidak sekadar menyehatkan fisik, tapi juga otak dan mental.

Liputan6.com, Jakarta Bersyukurlah Anda yang suka dan rutin jalan kaki di pagi hari. Selain fisik, otak dan mental pun memperoleh kebaikan dari aktivitas fisik ringan satu ini.

Studi pada 2006 berjudul 'Health Benefits of Physical Activity: the Evidence' menunjukkan bahwa jalan kaki setidaknya setengah jam bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis.

Penelitian lain pada 2008 dari Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa berjalan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, khususnya pengurangan berat badan.

Dikutip dari Organic Facts, beberapa manfaat kesehatan dari jalan kaki yang sepatutnya Anda ketahui;

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jalan Kaki

1. Mengontrol berat badan

Tahukah Anda bahwa jalan kaki sejauh 2,5 km saja bisa membakar hampir 100 kalori. Apalagi jika Anda berjalan lebih dari itu, sebanyak tiga kali dalam seminggu?

Menurut sebuah artikel dari The Americal Journal of Clinical Nutrition, berjalan juga menjaga berat badan dan kesehatan optimal.

 

3 dari 5 halaman

Jalan Kaki Bikin Bugar

Sebuah penelitian dari Journal of Aging and Physical Activity baru-baru ini telah membuktikan hasil kebugaran dari berjalan.

Dengan melibatkan 123 orang dewasa berumur lebih dari 60 tahun, responden diminta berolahraga dengan program 12 minggu berjalan kaki.

Hasil menyatakan bahwa responden terasa lebih bugar dan kuat, meski sudah berumur lansia.

 

4 dari 5 halaman

Untuk Kesehatan Mental

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, jalan kaki bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kepercayaan, dan harga diri.

Studi lain pada  2019 berjudul 'Effects of Walking in a Forest on Young Women' menyimpulkan bahwa berjalan di tempat yang sepi, seperti taman atau hutan, membantu memberikan relaksasi fisik dan mental pada wanita muda.

 

5 dari 5 halaman

Jalan Kaki untuk Kesehatan Jantung

Penelitian News in Health pada 2016 menemukan bahwa berjalan dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Hal ini dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Medline Plus dalam artikelnya 'Give your heart a workout' juga menjelaskan bahwa jalan kaki merupakan salah satu latihan yang membantu menguatkan hati manusia.

Penulis : Dara Elisabeth

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini