Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Badan Pegal Setelah Bercinta, Intip 4 Penyebabnya

Badan terasa pegal-pegal setelah bercinta, ada beberapa penyebab yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin merasa badan pegal-pegal setelah bercinta. Pernah tidak merasakan kram atau rasa nyeri yang belum pernah dirasakan sebelumnya?

Jika iya, ada beberapa penyebab badan terasa pegal-pegal usai sesi bercinta yang panas, dilansir dari Yourtango, Kamis (9/5/2019).

1. Terlalu banyak tekanan pada punggung

Jika punggung terasa sakit usai bercinta, mungkin sudah waktunya mempertimbangkan kembali beberapa posisi seks di tempat tidur.

Anda juga perlu lebih memperhatikan latihan inti dan tubuh bagian atas saat berolahraga. Menurut Direktur Nasional Pan American Sports Federation, Floyd N. Keller Jr, sakit punggung dapat disebabkan oleh sejumlah posisi seks berbeda saat berhubungan seks.

"Ingatlah, beberapa posisi seks seperti wanita di atas dapat memberi tekanan pada punggung bagian bawah. Meskipun Anda mungkin merasa tidak menghabiskan terlalu banyak energi dalam posisi ini, itu tergantung pada berat pasangan," jelas Keller.

Posisi seks ini juga dapat menempatkan berat di punggung bawah. Gerakan pinggul yang melibatkan punggung bagian bawah dibatasi. Keller menyarankan, memperkuat inti dan otot perut bagian bawah untuk membantu memerangi rasa sakit di area ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dasar panggul perlu latihan

2. Dasar panggul perlu latihan

Jika Anda memiliki dasar panggul yang lemah, maka ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman selama dan setelah berhubungan seks.

Anda bisa melatih otot-otot panggul dengan mengencangkan, lantas meregangkannya sebanyak 10-15 kali.

3. Seks yang terlalu intens

Pendidik seks bersertifikat, Lindsay van Clief mengatakan, kadang-kadang kita tidak selalu menyadari, bagaimana hal-hal yang intens dapat terjadi pada saat bercinta.

"Toleransi rasa nyeri di tubuh dan pegal meningkat selama berhubungan seks seiring endorfin yang dilepaskan dari aktivitas fisik. Ini kegembiraan yang dialami," jelas Lindsay.

 

3 dari 3 halaman

Alami dehidrasi

4. Alami dehidrasi

Lindsay juga menyampaikan, pentingnya minum banyak air. Tubuh perlu terhidrasi.

"Salah satu penyebab utama nyeri otot setelah bercinta adalah dehidrasi. Pastikan Anda terhidrasi sebelum dan sesudah berhubungan seks," ujarnya.

Upaya ini membantu tubuh menjaga dirinya sendiri. Terutama jika Anda sudah asyik bercinta. Anda memerlukan air untuk mendukung keluarnya keringat dan cairan tubuh saat berhubungan seks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.