Sukses

10 Jenis Kurma yang Cocok untuk Buka Puasa

Terdapat banyak jenis kurma yang tersebar di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis kurma di dunia ini. Namun, banyak orang awam yang mengenal buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini hanya satu jenis saja. 

Rupanya buah ini yang jadi andalan berbuka berpuasa ini memiliki banyak jenis. Apa saja? Seperti dikutip dari Organic Facts, berikut jenis kurma.

1. Safawi

Kurma Safawi berwarna cokelat gelap hampir kehitaman dan sangat kenyal. Kurma ini memiliki serat makanan yang tinggi, membantu memperlancar sistem pencernaan dengan baik.

2. Deglet Nour

Kurma Deglet Noor merupakan salah satu jenis kurma yang paling banyak didistribusikan. Kurma ini memiliki ciri-ciri berwarna merah terang dengan kulit luar yang kencang dan semi-lunak.

3. Barhi

Kurma Barhi memiliki ciri-ciri berukuran sedang, berkulit tipis, dan memiliki daging lembut yang manis.

4. Anbara

Bercirikan kering dan lunak, kurma Anbara berasal asli dari Arab Saudi.

 

5. Sagai

Kurma Saghai dikenal merupakan kurma terenyah dari kurma lainnya. Berasal dari Arab Saudi dan menjadi makanan ringan terpopuler di sana.

6. Sukari

Memiliki ciri-ciri lembut dan sangat manis, kurma Sukkari dikatakan bisa meleleh di mulut.

7. Khudri

Memiliki tekstur keriput, kurma Khudri juga berwarna coklat gelap dan memiliki rasa yang manis.

8. Kholas

Kurma coklat keemasan ini memiliki rasa yang unik dan memiliki kulit yang cukup tebal.

9. Medjool

Kurma Medjool terkenal mahal dan didistribusikan secara luas ke seluruh dunia. Memiliki komposisi yang padat, berair, dan penuh nutrisi. Menurut USDA, kurma jenis ini sangat bergizi dan kaya akan energi, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium.

10. Zahidi

Berbeda dengan jenis kurma lainnya, kurma Zahidi biasa digunakan dalam produk seperti gula kurma atau ekstrak. Satu penelitian dari International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2003 juga menjelaskan bahwa kurma ini memiliki biji yang besar dan daging yang renyah, cocok menjadi komposisi suatu produk

 

Penulis: Dara Elisabeth

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.