Alasan Meghan Markle dan Pangeran Harry Tak Berfoto Usai Kelahiran Anak Pertama

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 07 Mei 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 16:00 WIB
[Fimela] Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
Kelahiran bayi Meghan Markle dan Pangeran Harry lebih privasi. (FOTO: AFP)

Liputan6.com, Inggris Publik sangat antusias menyambut kelahiran anak pertama Duchess of Sussex Meghan Markle  Bayi kerajaan berjenis kelamin laki-laki yang namanya baru akan diumumkan dalam dua hari mendatang itu lahir pada 6 Mei 2019 pukul 5.26 pagi waktu setempat.

Namun, euforia kelahiran anak pertama Meghan Markle dan Pangeran Harry jauh dari sorotan kamera saat hari pengumuman kelahiran. Berbeda dari Duchess of Cambridge, Kate Middleton saat pengumuman kelahiran. 

Kate Middleton beserta ketiga ana dan suaminya, Pangeran William, berpose bersama di luar rumah sakit segera setelah melahirkan. Tahun lalu, keluarga itu tersenyum di tangga rumah sakit selang tujuh jam setelah Pangeran Louis lahir.

Namun, Meghan Markle dan Harry menjadi berita utama saat mereka mengumumkan kelahiran sang putra. Mereka melewatkan sesi berpose di rumah sakit dan memilih menghabiskan waktu bersama sang bayi sebelum merilis foto. Tradisi berfoto di depan rumah sakit setelah melahirkan tidak dilakoni Meghan dan Harry.

Ini dipengaruhi peningkatan baru-baru ini dalam fotografi pascapersalinan dan popularitas foto-foto pasca melahirkan di Instagram. Foto-foto tersebut meningkatkan rasa stres pada wanita biasa untuk tetap terlihat siap di depan kamera setelah kelahiran, menurut penulis di Yale School of Medicine Randi Hutter Epstein.

"Ini (foto-foto pasca melahirkan) kembali ke rasa stres dan tertekan pada wanita," kata Epstein, dikutip dari Vox, Selasa (7/5/2019). "Anda harus menjadi ibu yang sempurna, punya karier yang sempurna, dan fisik yang sempurna."

 

2 dari 3 halaman

Hargai privasi

Meghan Markle dan Pangeran Harry
Perbesar
Pengumuman resmi kelahiran putra Meghan Markle dan Pangeran Harry di Buckingham Palace. (Yui Mok / POOL / AFP)

Meghan mungkin menciptakan ruang bagi wanita yang kurang terkenal untuk menghindari unggahan Instagram terkait foto-foto pasca melahirkan. "Dia melakukannya dengan cara yang sangat intim (tidak berpose foto setelah melahirkan)," jelas Epstein. "Dan mungkin itu akan membuat orang menghargai privasi."

Epstein menilai, wanita selalu berada di bawah tekanan untuk melakukan persalinan dengan cara yang benar. Foto-foto setelah melahirkan yang diunggah di Instagram dan media sosial lain tampaknya menjadi urusan semua orang.

Alih-alih berpose foto di depan rumah sakit, keluarga kerajaan merilis pengumuman kelahiran bayi Meghan dan Harry di Instagram dan di depan Istana Buckingham lewat selembaran pengumuman. 

"Mungkin ini (pengumuman kelahiran bayi Meghan dan Harry) akan memberi kesempatan seakan mengatakan, 'Oh tunggu, mari kita nikmati waktu yang intim bersama," tutup Epstein.

 

3 dari 3 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓