Sukses

Tips Dokter Jika Pria Ingin Lakukan Perawatan Kulit

Dokter mengatakan, sebelum menemukan jenis perawatan yang tepat untuk kulit pria, kenali dulu jenis kulit yang dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya perempuan saja yang harus menjaga kesehatan kulit-nya. Untuk membuatnya lebih sehat dan tampil menarik, pria juga wajib melakukan perawatan.

Yuda Ilhamsyah, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bamed Skin Care mengatakan bahwa ada beberapa perbedaan mendasar antara kulit pria dan wanita. Ini membuat kebutuhan dan perawatannya berbeda.

"Di antaranya, ketebalan kulit, di mana kulit pria lebih tebal dibandingkan kulit wanita," kata Yuda dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Selasa (7/5/2019). Dia menambahkan, pada umumnya, rambut di kulit pira lebih banyak daripada wanita.

Karena itu, Anda harus mengenali dulu jenis kulit sebelum melakukan perawatan. Hal ini jelas berpengaruh pada bagaimana nantinya pria merawat kulitnya.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenali Jenis Kulit dan Produk yang Tepat

Yuda mengatakan, untuk merawat kulit pada pria, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Contohlah, pada kulit berminyak bisa menggunakan produk yang mengandung oil-free.

"Kemudian juga membersihkan wajah dengan teratur menggunakan pembersih yang sesuai," kata Yuda menambahkan. Tidak lupa, pria juga mencukur rambutnya secara rutin.

Untuk membuat wajah terlihat lebih cerah, pria juga boleh menggunakan pelembab. Yuda mengatakan, paling baik dilakukan setelah mandi saat kulit masih basah.

"Pemilihan pembersih muka, tabir surya, produk shaving, moisturizer selain yang diperuntukkan untuk jenis kulit pria, tetapi juga harus mempertimbangkan penyakit kulit yang mendasari," kata Yuda. Maka dari itu, sesuaikan perawatan yang paling tepat dengan kondisi jenis kulit.

Selain itu, pria juga harus rajin memeriksakan kondisi kesehatan kulitnya secara berkala. Beberapa kondisi yang harus diperhatikan misalnya seperti adanya benjolan, bercak, gatal, tahi lalat yang tidak lazim, serta berdarah.

"Permasalahan kulit yang paling banyak dihadapi kaum pria di antaranya jerawat dan bekas jerawat, pori-pori besar, kulit sensitif, dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dan keratosis seboroik," kata Yuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.