Sukses

Alasan Kurma Cocok untuk Hidangan Buka Puasa

Buah-buahan seperti pisang dan kurma, ternyata baik dikonsumsi untuk membatalkan puasa saat berbuka. Ini alasannya

Liputan6.com, Jakarta Meski sedang berpuasa, Anda tidak boleh melupakan asupan nutrisi yang lengkap dari makanan saat sahur dan buka puasa. Tidak hanya bagi Anda yang sehat, orang-orang dengan beberapa kondisi seperti diabetes harus memperhatikannya.

Salah satunya tentang makanan manis kala berbuka puasa. Menurut dokter spesialis gizi klinik, Juwalita Surapsari, makanan manis untuk berbuka adalah hal yang disarankan karena berfungsi mengembalikan cadangan gula dalam tubuh.

"Tapi kalau berlebihan juga tidak benar. Akibatnya gula darah malah jadi naik," kata Juwalita dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu yang lalu, ditulis Senin (6/5/2019).

Karena itu, agar gula darah tidak melonjak saat buka puasa, makanan yang disarankan adalah buah-buahan. Salah satunya adalah kurma.

"Kurma itu termasuk salah satu yang indeks glikemiknya sedang. Kalau membicarakan buah, jangan takut gulanya tinggi. Di dalam buah ada serat," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Jakarta tersebut.

Tidak hanya kurma, Anda juga boleh membatalkan puasa dengan buah-buahan lainnya seperti pisang. "Mau pisang dicampur yogurt juga boleh," kata Juwalita.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandungan Serat dalam Buah Lebih Bermanfaat

Juwalita memaparkan, meski juga mengandung karbohidrat, ada kandungan serat dalam buah yang tidak ada dalam sumber gula lainnya. Berbeda dengan pemanis yang terdapat dalam teh manis yang juga kerap dikonsumsi untuk berbuka puasa.

"Gula pasir tidak ada seratnya. Kalau kurma ada seratnya jadi lebih unggul. Untuk orang diabetes, boleh makan kurma. Cukup dua sampai tiga butir saja, sudah bisa mengembalikan gula yang tadi turun," kata Juwalita menambahkan.

Kemudian, saat makan besar seusai membatalkan puasa, asupan nutrisi secara lengkap juga harus terpenuhi. Misalnya karbohidrat kompleks dan serat. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah buah, sayur-sayuran, serta nasi.

Sementara, kue, soda, ataupun kudapan sejenis, boleh saja dikonsumsi dengan batasan. Namun, ada baiknya makanan semacam ini dihindari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.