Sukses

5 Kiat Bugar Selama Puasa Ramadan

Ada beberapa tips tetap sehat tidak lesu selama puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa tips agar tubuh tidak lesu selama menjalankan puasa Ramadan. Tips ini datang dari Omair Imtiaz. Ia lahir dan besar di Dubai. Pada tahun 2007, ia pindah ke Maritimes untuk mengejar pendidikan biologi dan perawatan kesehatan.

Imtiaz bekerja malam hari di Belfast, P.E.I di John Gillis Memorial Lodge.  Ia adalah anggota aktif komunitas Muslim di pulau tersebut dan menjadi sukarelawan dengan berbagai program penjangkauan untuk menggalang dana yang berkaitan dengan kanker dan The Heart and Stroke Foundation.

Ia membagikan pengalaman tetap sehat selama Ramadan. 

1. Minumlah banyak air putih

"Hidrasi jelas merupakan salah satu faktor terpenting selama Ramadan," kata Imtiaz, dikutip dari CBC News, Senin (6/5/2019).

Penting memastikan minum banyak air sebelum puasa. Ia merekomendasikan berjalan-jalan dengan membawa botol air yang dapat diisi saat jam berbuka puasa tiba. 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan makan berlebihan

2. Jangan makan berlebihan

Meskipun Ramadan mengharuskan Anda untuk berpuasa setiap hari selama 29 atau 30 hari dari subuh hingga senja. Bukan berarti berat badan Anda akan turun.

"Anda akan berpikir, Anda akan menurunkan berat badan tetapi banyak orang, yang akhirnya makan lebih banyak saat berbuka puasa. Kemudian Anda benar-benar mendapatkan kenaikan berat badan," ujar Imtiaz.

Imtiaz menyarankan makan hanya sampai Anda merasa kenyang dan puas.

3. Pilihan makanan sehat

Selama bertahun-tahun, kata Imtiaz, ia melihat keluarga dan teman-teman lebih menyukai makanan yang digoreng dan berminyak mengandung sodium saat berbuka puasa selama bulan Ramadan.

Yang tepat adalah memilih makanan sehat. Anda bisa makan beberapa kurma selama berbuka puasa. Saat sahur bisa juga makan kurma. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai hari.

 

3 dari 3 halaman

Terus bergerak

4. Terus bergerak

"Jika Anda makan dalam jumlah sedang, maka Anda tidak akan merasa lesu. Anda akan merasa seperti bebas berkeliling dan berjalan-jalan. Dan itu sebenarnya sangat dianjurkan," tambah Imtiaz.

Meskipun mungkin tidak disarankan untuk melanjutkan latihan dua jam harian yang intens selama Ramadan, pergi berjalan-jalan atau jogging selama sekitar 20 menit dapat dilakukan.

"Puasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan apa-apa," tambah Imtiaz. 

5. Tidur siang

Puasa dapat menguras tenaga. Tidur siang adalah ide yang baik. Meskipun tidak semua orang dapat menemukan tempat yang tenang untuk beristirahat karena jadwal kerja.

Imtiaz merekomendasikan tidur siang sekitar pukul 13.30.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.