Sukses

Memijat 3 Titik Tubuh Ini Ampuh Mengurangi Nyeri Haid

Kala nyeri haid datang, coba pijat tiga titik tubuh ini.

Liputan6.com, Jakarta Nyeri haid biasanya dirasakan wanita pada hari pertama atau kedua menstruasi. Dalam kasus nyeri haid yang sampai membuat tidak nyaman bisa melakukan pijatan atau akupresur.

Trainer akupresur UPTD Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Wayan Sukeria, beberapa lalu memberi tahu bahwa ada tiga titik tubuh yang bisa dipijat kala nyeri haid datang.

"Caranya memang sederhana, asalkan tubuh percaya dan fokus saat memijat hasilnya akan bagus sekali," kata Sukeria kepada wartawan dalam kunjungan bersama Kementerian Kesehatan di Kintamani, Bali beberapa waktu lalu ditulis Minggu (5/5/2019).

Sukeria mengajarkan tiga titik yang bila dipijat bisa mengurangi atau meringankan nyeri haid, yakni:

- Atas mata kaki

Beri pijatan pada titik di atas mata kaki. Coba sekarang Anda sentuh mata kaki Anda, lalu tempelkan empat jari di atasnya. Pijat pada bagian di atas empat jari tersebut. Beri tekanan sekitar 30 hitungan. Sebaiknya, saat menekan dibagi 10 hitungan terlebih dahulu jeda sebentar lalu lanjutkan 10 hitungan lagi lalu beri pijatan 10 hitungan lagi. Lakukan hal yang sama di atas mata kaki sebelahnya.

- Antara jempol dan telunjuk

Pijat bagian yang terletak di punggung tangan pada tonjolan tertinggi di antara ibu jari dan telunjuk. Pijat dengan tekanan ringan atau sedang sebanyak 30 hitungan.

- Bawah tempurung lutut

Cari tempurung lutut Anda, kemudian letakkan empat jari tangan dari titik tersebut ke arah bawah. Pijatlah pada bagian setelah empat jari tersebut yang terleatk di tepi luar tulang kering.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Sukeria mengingatkan bahwa cara memijat ini hanya sekadar meringankan masalah nyeri haid. Jika tidak ada perbaikan atau malah merasa lebih parah, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

"Jika ini tidak menyelesaikn atau tidak berkurang silakan menghubungi dokter atau ke puskesmas," pesan Sukeria.

Bila Anda merasakan nyeri haid sakit sekali, mengganggu aktivitas bahkan sampai membuat pingsan ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.