Sukses

Sebagian Besar Wanita Sakit Kepala Saat Menstruasi

Sekitar 71 persen wanita melaporkan sakit kepala di hari pertama dan kedua saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar wanita yang mengeluhkan sakit kepala di hari pertama atau kedua menstruasi. Rupanya, faktor hormon yang jadi penyebab pusing.

Sebuah penelitian mengungkapkan ada 71 persen perempuan yang sedang haid berisiko terserang sakit kepala menjengkelkan di hari pertama dan kedua saat menstruasi. Menurut Ellen Vora, seorang psikiater dan ahli kesehatan perempuan, mengungkap pemicu utamanya adalah hormon.

"Perubahan hormon mempengaruhi segalanya, termasuk kecenderungan pembuluh darah mengerut atau melebar, yang dapat berdampak pada sakit kepala," katanya, seperti dikutip dari Huffington Post.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hormon Estrogen

Perubahan tingkat hormon estrogen yang jadi lebih tinggi saat menstruasi memainkan peran besar sakit kepala. 

"Selama fase luteal- minggu-minggu menjelang menstruasi- estrogen meningkat dan ini akan membuat sakit kepala terasa sangat menyiksa," ungkap Vora.

Untuk mengurangi tingkat sakit kepala, Vora menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya sayuran hijau, kacang-kacangan, dan avokad. Lalu, pilih makanan yang memiliki level magnesium tinggi. Makanan tersebut terbukti bisa membantu mengurangi frekuensi atau keparahan sakit kepala.

 

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.