Sebagian Besar Wanita Sakit Kepala Saat Menstruasi

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2019, 19:16 WIB
Stres - sakit kepala - lelah (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar wanita yang mengeluhkan sakit kepala di hari pertama atau kedua menstruasi. Rupanya, faktor hormon yang jadi penyebab pusing.

Sebuah penelitian mengungkapkan ada 71 persen perempuan yang sedang haid berisiko terserang sakit kepala menjengkelkan di hari pertama dan kedua saat menstruasi. Menurut Ellen Vora, seorang psikiater dan ahli kesehatan perempuan, mengungkap pemicu utamanya adalah hormon.

"Perubahan hormon mempengaruhi segalanya, termasuk kecenderungan pembuluh darah mengerut atau melebar, yang dapat berdampak pada sakit kepala," katanya, seperti dikutip dari Huffington Post.

2 of 3

Hormon Estrogen

Kram menstruasi (iStockphoto)
Ilustrasi kram menstruasi (iStockphoto)

Perubahan tingkat hormon estrogen yang jadi lebih tinggi saat menstruasi memainkan peran besar sakit kepala. 

"Selama fase luteal- minggu-minggu menjelang menstruasi- estrogen meningkat dan ini akan membuat sakit kepala terasa sangat menyiksa," ungkap Vora.

Untuk mengurangi tingkat sakit kepala, Vora menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya sayuran hijau, kacang-kacangan, dan avokad. Lalu, pilih makanan yang memiliki level magnesium tinggi. Makanan tersebut terbukti bisa membantu mengurangi frekuensi atau keparahan sakit kepala.

 

Sumber: Dream.co.id

3 of 3

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by