6 Manfaat Tak Terduga Menonton Konser

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2019, 13:15 WIB
Diperbarui 04 Mei 2019, 13:15 WIB
Konser Ed Sheeran di Jakarta
Perbesar
Penampilan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Penyanyi asal Inggris itu mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda salah satu yang semalam menonton konser Divide World Tour 2019 dari Ed Sheeran di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Usai Ed Sheeran, masih banyak lagi konser lainnya baik dari musisi luar negeri maupun dalam negeri.

Siapa sangka, menonton konser musisi kesayangan rupanya bermanfaat lho bagi kesehatan fisik maupun jiwa kita. Seperti dikutip dari US News Health, ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat menonton konser.

1. Mengurangi stres

Menurut sebuah penelitian dari Imperial College London, Inggris, menonton konser dapat mengurangi pelepasan kortisol dan hormon stres lainnya. Jadi, tak heran ya usai menonton konser rasanya lebih rileks. Ketika tubuh lebih rileks, hal ini berpengaruh terhadap jantung.

"Hasil fisiologis usai menonton konser adalah penurunan denyut jantung, tekanan darah dan laju pernapasan," kata seorang ahli jantung Nirav N. Mehta.

2. Mengurangi nyeri

Dokter Steven Eisenberg mengatakan bahwa mereka yang menghadiri konser seraya menikmati irama musik ternyata bisa mengurangi rasa nyeri di tubuh lho. Pada saat menikmati konser, otak akan melepaskan endorfin yang bermanfaat mengurangi nyeri.

"Mendengarkan musik yang disukai juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar menghalangi rasa sakit," katanya.

2 dari 4 halaman

3. Memperluas Koneksi dan Komunitas

Konser Ed Sheeran di Jakarta
Perbesar
Sejumlah penonton menyaksikan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membawakan beberapa lagu andalan antara lain Photograph, Thinking Out Loud, Shape of You, dan Perfect. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Eisenberg menyatakan bahwa menghadiri suatu konser dan menikmati musik bersama dapat membuat seseorang terhubung dengan orang lain yang memiliki minat sama. Selain itu, hal ini juga memungkinkan seseorang mendapat teman baru.

4. Kesempatan menghabiskan waktu dengan diri sendiri

Mendengar musik yang dimainkan saat konser, apalagi musisi favorit dapat membuat seseorang merasakan emosi yang hebat.

"Ini adalah kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri jauh lebih dalam. Hal ini hampir sama seperti terapi," kata seorang profesor agama di Universitas Fordham, Amerika Serikat bernama Thomas M. Beaudoin.

3 dari 4 halaman

5. Latih Kebugaran

Konser Ed Sheeran di Jakarta
Perbesar
Aksi panggung Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Dalam konsernya itu, Ed Sheeran sempat membawakan lagu populer dari Justin Bieber berjudul "Love Yourself". (Fimela.com/Bambang E. Ros)

 

Mungkin ketika salah satu lagu favorit diputarkan, seseorang akan melompat-lompat atau menari mengikuti irama. Eisenberg menyatakan bahwa pembakaran kalori ketika melompat atau menari saat konser, sama seperti jogging atau lari selama 30 menit di treadmill. "Tanpa disadari, Anda menjadi bugar." ucapnya.

6. Perasaan menjadi bahagia

Berdasarkan hasil penelitian dari Deakin University, Australia pada Juli 2016, orang-orang yang menghadiri sering menonton konser memiliki perasaan sejahtera atau bahagia dibandigkan mereka yang tidak.

"Menikmati musik, entah itu menari atau hanya menonton sambil bersenandung saat menonton konser, dapat memberikan perasaan sejahtera yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mendatangi konser sama sekali," begitu bunyi hasil penelitian tersebut.

 

Penulis: Dara Elisabeth

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓