12 Tips untuk Pekerja agar Tidak Mudah Dilanda Stres (1)

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 01 Mei 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2019, 15:00 WIB
Bekerja di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Masalah kesehatan yang kerap dialami oleh buruh atau pekerja adalah stres. Jika tidak bisa dikelola dengan baik bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik.

Maka dari itu, ada beberapa strategi pengelolaan stres agar ini tidak menjadi masalah dalam kehidupan pekerja. Dikutip dari Forbes pada Rabu (1/5/2019), psikolog bisnis Sharon Melnick memberikan beberapa tipsnya yang didasarkan dari penelitian selama 10 tahun di Harvard.

1. Bertindak Ketimbang Bereaksi

"Kita mengalami stres ketika merasa bahwa situasi di luar kendali," kata Melnick. Kondisi tersebut melepaskan hormon stres dan mampu mengurangi rasa percaya diri serta konsentrasi.

Untuk itu, Anda disarankan segera mencari tahu apa yang bisa dikontrol dan tidak. Biasanya seseorang mampu bertindak dan mengendalikan dirinya sendiri ketimbang orang lain.

"Jadilah sempurna untuk 50 persen dari Anda dan lepaskan sisanya."

2. Ambil Napas Dalam-dalam

Melnick mengatakan, apabila suasana menjadi sangat menegangkan, tariklah napas selama beberapa menit untuk mengembalikan keseimbangan.

Caranya, ambil napas lima detik, tahan, dan buang dengan hitungan yang sama lewat hidung. "Ini seperti mendapatkan ketenangan dan fokus saat kelas yoga 90 menit, hanya dalam tiga menit atau kurang."

2 dari 4 halaman

Mengeliminasi Gangguan dan Lebih Fokus

Ilustrasi Lembur
Ilustrasi kerja lembur. (iStockphoto)

 3. Membuang Gangguan

Banyak tugas yang harus dilakukan di siang hari. Ini membuat para pekerja lebih mudah untuk merasa terganggu ketika sedang melakukan pekerjaan lainnya.

Melnick memiliki tiga saran untuk mengontrol respon dalam menghadapi hal ini. Caranya adalah dengan menerimanya, memotongnya, atau menemukan berdasarkan kepentingannya dan buatlah sebuah rencana.

"Anda ingin memiliki kriteria yang telah ditetapkan untuk respon yang ingin Anda buat," kata Melnick. Beranilah bicara pada orang-orang di sekitar Anda untuk tahu kondisi Anda, atau mengatur jam kantor.

4. Isi Hari dengan Energi dan Fokus

Banyak orang memaksakan dirinya untuk terus bekerja lebih dari delapan jam. Bukannya menaikkan produktivitas, ini malah memicu stres yang lebih banyak dan waktu serta energi lebih sedikit untuk orang-orang tersayang.

Melnick meminta agar para pekerja memiliki jadwal istirahat diisi dengan berjalan, peregangan, atau latihan pernapasan.

 

3 dari 4 halaman

Pola dan Perspektif Hidup Bekerja

Ilustrasi bekerja sebagai freelancer
Ilustrasi bekerja sebagai freelancer (iStock)

5. Makan dengan Benar, Tidur dengan Nyenyak

"Makan dengan buruk akan membuat sistem Anda menjadi stres," kata Melnick. Dia merekomendasikan konsumsi makanan yang rendah gula dan tinggi protein.

Tidak hanya itu, seseorang yang tidak mendapatkan tidur dengan baik akan lebih cepat menua. Padahal, istirahat adalah hal yang penting untuk para pekerja.

Melnick memiliki tips apabila Anda sulit tidur. Tutuplah lubang hidung sebelah kanan dan bernapas melalui lubang sebelah kiri selama tiga sampai lima menit.

6. Mengubah Pandangan

Selama ini, perspektif tentang kantor atau tempat kerja adalah tempat yang penuh tekanan. Namun, Anda bisa mengambil pandangan yang lebih objektif sehingga semua hal tidak diambil dengan personal.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait