Sukses

4 Kerugian Tidur Terlalu Lama

Lebih baik manfaatkan hari libur untuk kegiatan bermanfaat daripada hanya dihabiskan dengan tidur terlalu lama.

Liputan6.com, Jakarta Hari libur seperti hari ini kerap dijadikan ajang bermalas-malasan, termasuk bangun siang. Namun, tidur terlalu lama lebih dari delapan jam malah banyak kerugian dibandingkan manfaatnya.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah masalah kesehatan yang mungkin muncul kalau kamu tidur terlalu lama.

Risiko Kena Diabetes Meningkat

Ada penyakit tertentu yang berpotensi bisa terjadi pada tubuhmu saat kamu terlalu banyak tidur. Salah satunya adalah meningkatnya kadar gula darah yang berujung dengan penyakit diabetes tipe 2.

Kesulitan Konsentrasi dan Mengingat

Tidur terlalu lama juga memengaruhi fungsi otak. Kamu akan merasa sulit untuk berkonsentrasi dan kesulitan untuk mengingat.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membahayakan Jantung

 

Terlalu banyak tidur juga bisa membahayakan kesehatan jantung. Pasalnya, saat kamu sering tidur, maka hal ini akan membuatmu kelebihan berat badan dan bisa memforsir kerja jantung.

Meningkatkan Risiko Mati Muda

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang terlalu banyak tidur akan berada pada risiko tinggi untuk mati muda. Pasalnya, selain karena meningkatnya risiko beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes atau penyakit jantung, kebanyakan tidur juga bisa membuat otak meradang.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.