Sukses

7 Tips agar Anak Aman Menggunakan Internet

Menjalin komunikasi pada anak tentang manfaat dan bahaya internet itu penting. Pastikan disesuaikan dengan usianya.

Liputan6.com, Jakarta Anak zaman sekarang tak bisa lepas dari internet. Mulai dari menonton di platform berbagi video, media sosial sampai mencari informasi di mesin pencari. Namun, perlu juga diketahui ada bahaya di balik dunia maya. 

Seringkali, orangtua merasa kesulitan untuk memastikan keamanan anak saat menggunakan internet. Melansir dari Your Tango, Selasa (30/4/2019) berikut tips untuk menjaga anak tetap aman saat menggunakan internet. 

1. Komunikasi

Komunikasi terbuka dengan anak mengenai penggunaan internet sangatlah penting. Anda dapat menjelaskan bahaya apa saja yang dapat anak temui saat menggunakan internet.

Jelaskanlah dengan baik sesuai usia anak. Pastikan Anda selalu mendengarkan dan mendukungnya untuk memberitahu Anda bila suatu hal terjadi.

2. Menjaga kepercayaan

Kepercayan yang menghasilkan hubungan dua arah antara Anda dan anak. Anak harus mempercayai bahwa Anda akan selalu mendukung dan keputusan yang Anda buat bukanlah hukuman melainkan karena kasih sayang. Anda dapat menunjukkan kepercayaan Anda dengan berkomunikasi secara baik dan memberikan mereka alat yang dibutuhkan untuk mengakses internet tanpa pengawasan ketat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Percaya naluri

 

Percayai naluri Anda serta ajarkan anak juga untuk mempercayai nalurinya. Tidak ada hal yang lebih baik untuk mengetahui apakah suatu situasi berbahaya dengan mempercayai naluri Anda. Jika merasa tidak yakin dengan sebuah situs atau teman percakapan anak maka Anda dapat menutup aksesnya terhadap hal tersebut. Contohnya dengan memblokir situs yang dianggap berbahaya untuk anak.

4. Awasi dengan baik

Anda dapat mengatur larangan penggunaan untuk mengakses konten-konten tertentu. Anda juga dapat mencari program yang dapat mengedukasi Anda dan anak dalam menggunakan internet secara aman Lakukanlah hal ini secara rutin.

3 dari 3 halaman

5. Beritahu Bakal Melakukan Pemeriksaan

 

Beritahu anak bahwa Anda akan memeriksa bagaimana penggunaan internetnya. Tentu, Anda perlu menjelaskan kepadanya alasan tersebut. Yakni menjaga anak untuk menggunakan internet dengan baik.

6. Jangan hanya menjadi 'teman' media sosial

Jika Anda hanya menjadi 'teman' dalam media sosial maka hal tersebut tidak akan memberikan banyak dampak. Anak dapat memblokir Anda dari konten-konten tertentu sehingga Anda tidak dapat melihat aktivitas mereka. Jika anak memiliki media sosial, Anda dapat meminta nama serta kata sandi untuk memerika aktivitas dalam internet secara berkala.

7. Sadari hak sebagai orang tua

Anda berhak untuk mengawasi penggunaan internet oleh anak. Awasi anak secara berkala. Bicarakanlah hal tersebut secara baik-baik.

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini