Sukses

4 Tips agar Melatih Anak Duduk Tenang saat Makan

Anak yang aktif cenderung sulit untuk duduk tenang ketika disuapi makan. Tapi bukan berarti tak ada cara untuk menyiasatinya.

Liputan6.com, Jakarta Momen menyuapi jadi pengalaman tersendiri bagi para ibu karena tiap-tiap anak mempunyai gayanya sendiri. Anak yang aktif cenderung sulit untuk duduk tenang ketika disuapi. Tapi bukan berarti tak ada cara untuk menyiasatinya. Simak pengalaman Mommy Melissa Kurnadi dari Babyologist berikut ini.

Mungkin sebagian Moms di sini gampang banget membuat anaknya tenang kalau duduk di baby chair. Tapi buat aku itu susah. Kathleen tipe anak yang suka bergerak. Dan akhirnya aku menemukan beberapa cara biar dia bisa duduk dengan tenang.

Tips anak anteng duduk di baby chair

1. Kenali dulu watak anak

Kalau Kathleen tipenya suka dipuji. Jadi waktu dia sudah duduk di baby chair, aku bilang, "Wah Kathleen pintar ya, good job. Yuk kita makan sama-sama."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan bersama dengan anak

2. Makan bersama-sama dengan anak

Ketika kita makan bersama anak gak akan merasa sendirian apalagi dia merasa kalau dia lagi dihukum. Karena baby chair adalah benda baru buat dia.

3. Beri batasan waktu untuk duduk di baby chair

Nah kalau Kathleen aku kasih waktu maksimal 30 menit habis gak habis makanannya kita selesai. Dan setelah itu aku ga kasih makanan lagi selama 30 menit. Biar dia tahu kalau makan itu duduk di baby chair.

3 dari 3 halaman

Beri mainan

4. Beri mainan agar anak tidak merasa bosan

Lagi-lagi karena Kathleen masih kecil, aku kasih mainannya kertas yang tebal. Jadi biar dia sibuk untel-untel kertas sekaligus bisa melatih saraf motorik anak. Buat aku mainan ini alternatif terakhir ya, kalau si anak mulai menunjukkan tanda-tanda rewel.

Semoga bemanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini