Teknik Ini Diklaim Bikin Perut Rata secara Instan

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 28 Apr 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi perut rata (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Meratakan perut mungkin menjadi bagian tersulit untuk membentuk tubuh yang ideal. Tidak jarang, mereka yang sudah melakukan diet dan rutin berolahraga tetap mengalami kesulitan untuk mendapatkan perut rata.

Namun, sebuah teknik operasi plastik pada perut baru-baru ini dikembangkan. Para ahli mengatakan bahwa cara yang disebut 'abdominal etching' atau 'etsa perut' ini bisa membantu membentuk perut rata atau six-pack pada pria hingga wanita.

Strategi ini dipublikasikan dalam Plastic and Reconstructive Surgery yang merupakan jurnal medis dari American Society of Plastic Surgeons.

Melansir Science Daily pada Minggu (28/4/2019), prosedur tersebut menggunakan liposuction atau sedot lemak dengan presisi yang lebih tinggi. Tarik M. Husain dari Miami Leonard M. Miller School of Medicine mengatakan, cara ini merupakan metode baru untuk membentuk perut agar lebih ideal.

"Studi kami menunjukkan bahwa ini adalah metode yang aman dan efektif untuk membuat dinding perut anterior yang jelas pada pasien pria dan wanita," kata Husain.

 

2 of 4

Lebih Akurat dari Sedot Lemak Biasa

20151111-Ilustrasi Perut Rata Wanita
Ilustrasi Perut Rata Wanita (iStockphoto)

Para peneliti sendiri meninjau pengalaman mereka dengan sedot lemak yang ditujukan untuk meningkatkan penampilan perut pada 50 pasien. 26 pria dan 24 wanita yang berusia rata-rata 36.

Pasien yang melakukan etsa perut berada dalam kondisi yang sehat, diet baik, dan rutin berolahraga. Meski begitu, mereka memiliki area lemak tertentu yang sulit disingkirkan.

Secara sederhana, teknik yang digunakan diklaim lebih akurat daripada sedot lemak biasa. Para ahli bedah plasti memahat lemak perut di lapisan superfisial dan lebih dalam. Mereka menonjolkan garis six-pack alami pada pria dan 3 garis vertikal pada wanita.

Selain itu, garis pinggul biasanya diinginkan baik oleh pria atau wanita. Teknik ini bisa diubah dengan memberikan etsa abdominal yang lebih lunak, dangkal, atau keras, tergantung preferensi pasien.

 

3 of 4

Efek Samping

Binaraga Kekar dan Berotot
Ilustrasi Foto Pria Kekar dan Berotot (iStockphoto)

Paling tidak, dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk benar-benar bisa melanjutkan olahraga. Para ahli mengatakan, para peserta bisa melakukan latihan ringan yang tidak melibatkan bagian tubuh tengah selama dua minggu, untuk berolahraga lebih keras setelah empat minggu.

Mereka menambahkan, mempertahankan hasil untuk jangka panjang juga dibutuhkan dengan bantuan ahli gizi untuk mengoptimalkan olahraga, nutrisi, serta ketidakseimbangan hormon.

Tidak ada satupun peserta yang mengalami komplikasi parah. Namun, beberapa efek samping minor terjadi pada 22 persen pasien. Beberapa di antaranya seperti penyimpangan kontur yang biasanya melunak dan membaik seiring berjalannya waktu.

"Para pasien menunjukkan bahwa prosedur ini bisa dilakukan dengan hasil estetika yang optimal dan komplikasi pasca operasi minimal," kata Husain menuliskan.

4 of 4

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓