Wanita di AS Manfaatkan Pil KB untuk 5 Hal Ini

Oleh Liputan6.com pada 27 Apr 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 27 Apr 2019, 15:00 WIB
Ilustrasi Pil KB (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi Pil KB (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Wanita di Amerika Serikat menggunakan pil KB bukan untuk mencegah kehamilan. Tidak lain untuk membersihkan wajah seperti menghilangkan jerawat.

Ini diketahui dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan Institut Guttmacher, yang menunjukkan bahwa 58 persen dari 11.2 juta wanita AS yang mengkonsumsi pil KB mengaku menggunakannya bukan untuk mencegah kehamilan.

Salah seorang peneliti, Professor Beatrice Chen, mengatakan bahwa jenis kontrasepsi yang sesuai dengan tiap orang memang berbeda-beda. Namun, melansir dari Health, pil KB punya manfaat lain;

 

2 dari 6 halaman

1. Pil KB untuk Menghilangkan Jerawat

Survei yang dilakukan Institut Guttmacher menunjukkan bahwa sekitar 14 persen wanita mengonsumsi pil KB untuk menghilangkan jerawat.

Dokter seringkali memberi pil KB karena dapat menurunkan tingkat androgen. Androgen merupakan hormon yang memproduksi minyak di kulit. Sebuah ulasan Cochrane Collaboration menemukan bahwa kombinasi pil KB dapat mencegah jerawat muncul.

Hal ini tepat bagi perempuan yang ingin merencanakan kehamilan serta berusaha untuk merawat wajah.

 

3 dari 6 halaman

2. Memperlancar Menstruasi

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologist hampir sebagian perempuan mengalami sakit pada hari pertama atau kedua saat menstruasi.

Inilah alasan dari 31 persen perempuan yang menggunakan pil KB untuk mengurangi kram saat menstruasi. Siklus menstruasi juga seringkali berbeda tiap bulan.

Konsumsi pil KB dapat membuat siklus mestruasi lebih teratur.

 

4 dari 6 halaman

3. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker ovarium merupakan penyebab kematian nomor lima di Amerika Serikta. Hampir 22.000 perempuan didiagnosis pada tahun 2016.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi pil KB untuk menurunkan risiko perkembangan kanker tersebut.

Semakin lama dikonsumsi maka semakin turun risiko terkena kanker tersebut. Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi pil KB dapat menurunkan risiko kanker endometrium.

 

5 dari 6 halaman

4. Meredakan Gejala Endometriosis.

Saat mengalami endometriosis sebagian perempuan tidak memiliki gejala apapun. Lainnya mengalami menstruasi dengan volume yang cukup banyak, sakit pada pinggang dan perut bahkan kesulitan hamil. Hormon dalam pil KB dapat meredakan gejala tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. Lebih jarang mengalami pusing saat menstruasi

Sekitar 50 persen perempuan mengatakan bahwa pusing seringkali dirasakan saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena tingkat estrogen yang menurun saat menstruasi. Konsumsi pil KB dapat meningkatkan estrogen sehingga pusing lebih jarang dialami.

Lanjutkan Membaca ↓