Sukses

Mengapa Diabetes Biasanya Menyerang Kaki Terlebih Dahulu?

Diabetes biasanya sering menyerang kaki terlebih dahulu, apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Diabetes biasanya sering menyerang kaki terlebih dahulu, menurut seorang spesialis penyakit dalam, dr. Bhanu. Apa penyebabnya?

"Diabetes adalah penyakit dalam darah. Darah mengitar ke seluruh bagian tubuh kita. Otak, mata, semua bisa," katanya dalam sebuah konferensi pers belum lama ini.

Dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Bhakti Mulia, Jakarta, menyebutkan bahwa kaki memiliki gang yang paling kecil, memudahkan diabetes untuk menyerang.

"(Diabetes) Menyebabkan darah bersifat kental. Yang tadinya darah bisa ke gang kecil, karena terlalu kental tidak bisa sampai. Kaki terletak jauh dari jantung dan gang-gangnya adalah yang paling kecil." ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diabetes yang Mulanya Korengan

dr. Bhanu juga mengatakan jika seseorang yang memiliki diabetes terluka sedikit, dapat menyebabkan korengan. Korengan jika berkembang menjadi lebih parah, dapat menyebabkan kaki harus diamputasi.

Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes belum ditemukan obat penyembuhnya. Diperlukan gaya hidup sehat untuk mencegah diabetes menjadi lebih parah. 

 

Penulis; Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes