Sukses

Indonesia, Peringkat ke-6 Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia

Indonesia berada setelah China, AS, dan Meksiko yang sama-sama bermasalah dengan penyakit diabetes

Liputan6.com, Jakarta Data dari International Diabetes Federation pada 2017 menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 negara dengan jumlah orang dengan diabetes terbanyak.

Hal ini disampaikan salah satu dokter spesialis penyakit dalam bernama dr. Bhanu, dalam konferensi pers web series "JANJI" belum lama ini.

Orang dengan diabetes di Indonesia, menurut paparan data yang dipresentasikan oleh dr. Bhanu, berjumlah sekitar 10,3 juta orang.

"Indonesia posisinya di mana? Setelah China, India, Amerika Serikat, Brazil, dan Meksiko," kata Bhanu ditulis Jumat, 26 April 2019.

Berikut peringkat pertama hingga ke-5 diduduki oleh secara berurutan China (114,4 juta), India (72,9 juta), Amerika Serikat (30,2 juta), Brazil (12,5 juta), dan Meksiko (12 juta).

Sekitar 90-95% kasus diabetes, didominasi oleh diabetes tipe 2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis-jenis Diabetes

Perlu diketahui, diabetes tipe 2 mempunyai gejala yang lambat. Diabetes tipe ini biasa menyerang orang-orang dengan obesitas, gangguan kulit (Acanthosis nigricans), terganggunya fungsi ovarium (Polycistic ovary syndrome), dan faktor keturunan.

Menurut data lain International Diabetes Federation tahun 2017, sepertiga dari penderita prediabetes di dunia biasa berusia 20-39 tahun.

dr. Bhanu merekomendasikan pola hidup sehat berupa olahraga, mengonsumsi makanan rendah gula, dan menjaga berat badan tetap seimbang, untuk mencegah diabetes.

"Jangan lupa perbanyak serat, berolahraga, dan istirahat," ujarnya.

 

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

Video Terkini