3 Tanda Anda Berada dalam Hubungan yang Tidak Baik

Oleh Liputan6.com pada 24 Apr 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:56 WIB
Bertengkar Berselisih Paham dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang merasa bahwa tidak memiliki hubungan bukanlah masalah. Lainnya, merasa butuh memiliki hubungan. Perasaan ini terkadang sangatlah kuat sehingga membuat mereka bersedia untuk bertahan dalam hubungan yang buruk. Kesendirian adalah hal yang ditakuti bagi sebagian orang tersebut.

Melansir laman Your Tango, berikut tanda-tanda hubungan yang tidak baik bagi Anda:

1. Anda selalu bertanya apakah Anda telah melakukan hal terbaik

Semua orang berusaha untuk menjadi yang terbaik. Apakah Anda selalu membandingkan pasangan dengan orang lain? Apakah Anda merasa bahwa Anda menemukan orang yang lebih menarik?

Para peneliti menyebutkan bahwa persepsi Anda terhadap pasangan potensial lain ini dapat disebut kualitas alternatif.

Psikologis dapat mengukur kualitas alternatif melalui pernyataan, "Jika saya tidak memiliki hubungan dengan pasangan saat ini, saya akan baik-baik aja. Saya akan menemukan orang lain nantinya."

Bila Anda setuju dengan pernyataan ini, maka Anda memiliki kualitas alternatif tinggi karena Anda memiliki kepercayaan diri dan perasaan mampu untuk mendapatkan pasangan yang baik. Sebaliknya, jika Anda memikirkan pasangan lain, maka hal tersebut dapat merusak hubungan Anda dan meningkatkan perilaku negatif.

Pastikan Anda berada dalam hubungan dengan pasangan yang membuat Anda berpikir bahwa Anda dan pasangan merupakan yang terbaik untuk satu sama lain.

 

 

2 of 3

Anda tak jadi lebih baik

2. Pasangan tidak membantu Anda untuk berubah menjadi lebih baik

Hubungan yang baik akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Hubungan ini juga seharusnya dapat membantu Anda untuk menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Para peneliti menyatakan bahwa hubungan seharusnya dapat membantu perkembangan diri Anda. Saat Anda memiliki pasangan yang mendukung dengan baik, Anda akan merasa lebih nyaman dalam mengambil kesempatan demi mencapai tujuan Anda.

Semakin Anda bisa berkembang, maka semakin baik hubungan Anda. Hal tersebut akan mempererat ikatan Anda dengan pasangan. Jika pasangan Anda tidak mendukung Anda untuk menjadi lebih baik, maka Anda membutuhkan pasangan yang lebih baik.

3 of 3

Tak didukung keluarga dan teman

3. Keluarga dan teman tidak mendukung hubungan Anda

Para peneliti Universitas Waterloo meneliti orang yang sedang menjalani hubungan romantis untuk memprediksi perkembangan hubungan mereka di masa depan. Selanjutnya, hal tersebut dibandingkan dengan prediksi dari keluarga dan teman. Hasilnya orang yang sedang menjalani hubungan memprediksi bahwa hubungannya akan bertahan dalam waktu tiga kali lebih lama dibanding prediksi keluarga dan teman.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang sedang menjalani hubungan melihat hubungannya lebih baik dibandingkan dari sisi orang lain. Padahal orang lain justru dapat melihat hubungan tersebut secara lebih jelas dan objektif.

Saat Anda merasa ragu akan hubungan yang tengah dijalani, tanyakanlah pada seseorang yang Anda percaya mengenai hubungan Anda. Orang yang Anda percaya mungkin dapat melihat hal-hal yang tidak dapat Anda sadari. Pastikanlah Anda berada dalam hubungan yang sehat. Tidak memiliki hubungan merupakan hal yang lebih baik dibandingkan harus berada dalam hubungan yang akan membuat Anda merasa menyesal.

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓