7 Bintang Hollywood Tunjukkan Cinta terhadap Bumi

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 22 Apr 2019, 14:00 WIB
[Bintang] Leonardo DiCaprio

Liputan6.com, Amerika Serikat Memperingati Hari Bumi pada 22 April 2019, sederet bintang Hollywood ternama menunjukkan cinta terhadap Bumi. Mereka mulai gerakan peduli lingkungan dengan mengurangi jejak karbon dan mempromosikan kesadaran ekologis.

Melansir laman The Hollywood Reporter, Senin (22/4/2019), masing-masing bintang Hollywood itu berkomitmen untuk memeihara lingkungan. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari menyumbangkan jutaan pendapatan ke organisasi nirlaba hingga mendirikan organisasi sendiri.

1. Leonardo Dicaprio

Ia dijuluki "pria paling hijau" di Hollywood. DiCaprio telah berinvestasi pada perusahaan daging vegan dan menyumbangkan jutaan pendapatan untuk membantu konservasi satwa liar dan memerangi perubahan iklim.

DiCaprio juga telah berinvestasi di Allbirds, merek sepatu ramah lingkungan. Atas segala upayanya, PBB menghormatinya dengan memberikan gelar Messenger of Peace on Climate Change.

2. Matt Damon

Pada tahun 1990, Matt Damon ikut mendirikan Water.org, sebuah organisasi yang bergerak memberikan akses air bersih. Atas upayanya, ia dianugerahi penghargaan Environmental Media Awards pada tahun 2013.

Menurut laman water.org, organisasi ini telah membantu 17 juta orang mendapatkan akses ke air bersih dan penyaringan. Bintang Hollywood ini juga berpartisipasi dalam film dokumenter tentang perubahan iklim besutan James Cameron dan Jerry Weintraub berjudul Not Reality TV.

 

2 of 4

James Cameron

[Bintang] James Cameron
James Cameron membuat film tentang perubahan iklim. (C FLANIGAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

3. James Cameron

Bantahan terhadap klaim Presiden Trump tentang perubahan iklim dituangkan sutradara James Cameron dalam film dokumenter Not Reality TV.

Film itu menyebut Trump melakukan "penolakan gegabah" terhadap perubahan iklim dan ada cuplikan adegan menyebut pemanasan global sebagai "tipuan." James Cameron menyampaikan, mengapa ia merasa perlu membuat film dokumenter ini.

"Kami membuat film ini untuk menunjukkan realitas perubahan iklim. Bagaimana hal itu secara langsung memengaruhi jutaan orang setiap hari," kata Cameron pada tahun 2016.

4. Drew Barrymore

Seiring langkahnya sebagai aktivis pembela hak-hak binatang, Drew Barrymore meluncurkan produk rumahan sendiri bernama Flower Home dan Flower Beauty. Semua produk kecantikan yang diproduksi di Amerika Serikat ini menghindari dampak lingkungan.

Produk terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak berbahaya, terjangkau, dan mengakomodasi konsumen.

"Aku sangat bangga dengan harga yang telah kami capai dengan formula dan bahan yang dikerjakan," ucap Barrymore. "Ini adalah upaya yang hampir mustahil dan itu bukan sesuatu yang orang mungkin tahu atau mengerti. Ulasan pelanggan kami katanya, 'Produk kami sempurna.' Ini luar biasa."

3 of 4

Mark Ruffalo

[Fimela] Avengers 4
Mark Ruffalo tergabung dalam organisasi bernama Hollywood United untuk California Sehat.

5. Mark Ruffalo

Mark Ruffalo tergabung dalam organisasi bernama Hollywood United untuk California Sehat. Ia menentang sikap Barack Obama tentang perubahan iklim pada tahun 2015.

Begitu ia menyadari sikap presiden saat itu mengenai pengeboran minyak, Rufallo berbicara sebagai upaya menyelamatkan lingkungan. Ruffalo juga telah memulai kampanye untuk melarang hydrofracking, metode kontroversial ekstraksi gas alam.

Aktor ini mendapat penghargaan pada tahun 2017 sebagai aktivis dengan Global Wildlife Conservation, khususnya konservasi penyu.

6. Shailene Woodley

Aktris Shailene Woodley dikenal sebagai aktivis perubahan iklim dan aktivis lingkungan. Ia ikut mendirikan All It Takes, sebuah organisasi nirlaba yang menyuarakan sekolah dan masyarakat agar lebih aman menggunakan metode pembelajaran sosial-emosional eksperimental.

Pada tahun 2018, Woodley menerima penghargaan Children Mending Hearts 'Hero for Change, sebagai seseorang yang menaruh hasrat dalam aksi untuk membantu meningkatkan komunitas.

Ia juga menyampaikan, 97 persen pakaiannya berasal dari toko barang bekas dan mengambil air dari mata air segar.

4 of 4

Emma Watson

[Bintang] Emma Watson
Aktris Emma Watson terlibat dalam mode pakaian ramah lingkungan. (AFP-Mike Coppola)

6. Emma Watson

Pada tahun 2011, Emma Watson berkolaborasi dengan desainer Alberta Ferretti untuk menciptakan pakaian ramah lingkungan, Pure Threads. Sejak saat itu, Watson terlibat dalam gerakan mode ramah lingkungan.

Ia meluncurkan akun Instagram @the_press_tour khusus untuk berbagi pakaian yang dia kenakan dalam tur pers untuk Beauty and the Beast. Dalam keterangan gambar, aktris ini menginspirasi penggemarnya tentang sejarah merek dan standar ramah lingkungan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓