Sukses

Stres karena Kurang Uang, Begini Cara Mengatasinya

Ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur masalah keuangan agar tak berujung stres

Liputan6.com, Jakarta Stres tak hanya disebabkan oleh kesibukan sehari-hari saja. Salah satu pemicu stres yang paling umum adalah uang. Pasalnya tak semua orang memiliki bekal ilmu yang cukup dalam mengatur keuangan. 

Melansir laman Verywell Mind, ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur masalah keuangan, menurut seorang pakar yang menangani masalah stres, Elizabeth Scott:

1. Kurangi Hutang

Dengan berhutang, seseorang akan mengalami stres. Atur keuangan dengan lebih irit, menabunglah, dan segera lunasi hutang.

Hal ini mungkin menjadi sukar untuk dilakukan, karena akan mengubah pola hidup kebiasaan. Kuncinya adalah untuk fokus dan berkomitmen untuk membayar hutang yang dimiliki. Dengan begitu, kadar stres juga dapat berkurang seiring berjalannya waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerdas atur pengeluaran

2. Cerdas dalam pengeluaran

Mulai sekarang, sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang atau makanan, pikirkan apakah itu benar-benar barang yang dibutuhkan. Pengeluaran yang lebih sedikit dapat mengurangi stres.

Jangan tergoda oleh hal-hal materi. Gunakan uang untuk barang-barang yang diperlukan, bukan yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Jual yang tak diperlukan

3. Menjual barang-barang yang sudah tidak diperlukan

Jual barang-barang yang tak digunakan, untuk memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga. Uang yang terkumpul bisa digunakan untuk pergi berlibur atau pergi makan malam bersama keluarga.

Menggunakan uang dengan bijak dan cerdas bisa bermanfaat menghilangkan stres, memperkaya hidup, dan juga membantu seseorang benar-benar menikmati hidupnya.

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini