Sukses

Ternyata Kecemasan pun Bermanfaat bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa kecemasan atau yang kerap disebut anxiety, ternyata memiliki manfaat kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa kecemasan atau yang kerap disebut anxiety, ternyata memiliki manfaat kesehatan?

Seorang psikolog bernama Alicia Clark menjelaskan bagaimana seseorang dapat menggunakan rasa kekhawatirannya untuk mengubah situasi menjadi lebih baik. Clark menuliskan beberapa manfaat tersebut lewat buku yang ditulisnya, Hack Your Anxiety.

Melansir laman Reader's Digest, berikut 3 manfaat dari kecemasan atau anxiety:

1. Memotivasi

Rasa cemas, apabila dibiarkan, dapat membuat seseorang lelah dengan kehidupan yang dijalaninya. Namun jika seseorang mau mendengarkan rasa cemas yang dirasakan, hal ini dapat menginspirasinya untuk melakukan hal baru.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menemukan fokus

2. Membantu Menemukan Fokus

Clark mendefinisikan kecemasan seperti mengemudi saat badai. Ketika seseorang mengemudi kendaraannya di tengah badai, perhatiannya tidak hanya pada jalanan saja, tetapi juga sekitarnya.

Sama seperti kehidupan yang mengharuskan manusia untuk fokus pada berbagai tanggung jawab. Di sinilah bagaimana fokus bekerja untuk menjalani tanggung jawab yang diwajibkan. Sedikit kecemasan dapat memberikan pengetahuan tentang apa saja yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Lebih dekat dengan orang tersayang

3. Membuat Lebih Dekat dengan Orang yang Disayangi

"Kecemasan tidak akan memungkinkan kita untuk mengabaikan orang-orang yang kita sayangi," jelas Clark, "dan itu yang membuat kita menyesuaikan kebutuhan masing-masing." tambahnya.

Ketika hubungan terasa berbeda, kecemasan yang dirasakan dapat mendorong untuk mencari tahu bagaimana menjadi lebih dekat dengan pasangan, seperti sedia kala. Cari tahu solusi yang bisa menjadi jalan keluar bagi kegelisahan yang dirasakan. 

 

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.