5 Kutipan Inspiratif dari RA Kartini

Oleh Benedikta Desideria pada 20 Apr 2019, 16:00 WIB
Kenali Preeklampsia, Penyakit yang Renggut Nyawa RA Kartini

Liputan6.com, Jakarta Jelang tanggal 21 April yang diperingati sebagai Hari Kartini banyak yang mengingat-ingat kalimat-kalimat yang diucapkan pahlawan wanita Indonesia ini. Banyak kalimat dari RA Kartini yang relevan dengan kehidupan saat ini.

Semasa hidupnya RA Kartini telah menuliskan beberapa kutipan menginspirasi. Berikut beberapa kutipan dari RA Kartini yang bisa menggelorakan semangat wanita yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Terang dan gelap

Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

2. Wanita cerdas

Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

 

2 of 2

3. Terus Bermimpi

Kartini
Buku Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang terjemahan sastrawan Armijn Pane (Liputan6.com/Komarudin)

Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

4. Perihal sikap

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu–satunya hal yang benar–benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

5. Jangan mengeluh 

Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

Lanjutkan Membaca ↓