Sukses

5 Manfaat Hebat Punya Hewan Peliharaan

Kerap dianggap teman bahkan anggota keluarga, ini manfaat punya hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tinggal sendiri, memelihara hewan peliharaan bisa menjadi solusi untuk mengusir rasa kesepiaan. Bukan hanya sebagai teman, menurut American Psychological Association, hewan peliharaan seperti anjing atau kucing bisa dianggap sebagai anggota keluarga.

Selain itu, memelihara hewan peliharaan juga memiliki manfaat luar biasa. Seperti dikutip dari Chopra, manfaat kesehatan yang dapat diperoleh, diantaranya:

1. Meredakan stres

Hewan, terutama anjing, dapat menjadi obat bagi seorang individu untuk mengurangi rasa stres yang dimilikinya. Pada penelitian di Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat tahun 2012, memiliki anjing membuat stres pada si tuan berkurang.

2. Mendorong melakukan aktivitas fisik di luar rumah

Punya anjing 'memaksa' Anda untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Pernyataan resmi dari American Heart Association pada 2013, mengatakan bahwa anjing terbukti (sekitar 54 persen) membantu pemiliknya tetap aktif untuk berolahraga, daripada mereka yang tidak memelihara anjing sama sekali.

Kegiatan di luar rumah seperti berjalan-jalan atau bermain lempar-tangkap bersama hewan peliharaan juga dapat diterapkan. Aktivitas di luar rumah dapat meningkatkan kadar vitamin D, untuk memberikan sistem kekebalan tubuh dan memerangi depresi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut American Heart Association, orang-orang yang memiliki anjing dapat menurunkan risiko penyakit jantung, lewat kegiatan fisik yang dilakukan bersama anjingnya. Selain memberi kesehatan pada jantung, memiliki anjing juga menurunkan risiko obesitas, tekanan darah, stres, dan kolesterol.

4. Menurunkan risiko alergi

Menurut sebuah studi tahun 2011 dari Clinical & Experimental Allergy, anak-anak yang tumbuh bersama kucing atau anjing di rumah, cenderung tahan alergi bulu-bulu hewan, dibanding mereka yang tidak memelihara sama sekali.

 

3 dari 3 halaman

5. Memperluas interaksi sosial

Studi tahun 2015 dari jurnal PLoS One menemukan bahwa interaksi dengan tetangga akan lebih terbuka bagi mereka yang memelihara anjing atau kucing, dibanding mereka yang tidak memelihara sama sekali.

Peran hewan peliharaan di sini berfungsi sebagai 'pemecah kecemasan', agar membentuk pertemanan baru dengan tetangga atau dengan orang-orang yang juga mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan.

Tidak hanya itu, anjing juga terbukti sangat membantu anak-anak dengan disabilitas mental untuk membentuk ikatan dengan teman-temannya, menurut sebuah studi dari University of Missouri-Columbia, Amerika Serikat pada tahun 2014.

 

 

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini