Ibu Bisa Lakukan Ini untuk Redakan Flu dan Batuk pada Bayi

Oleh Babyologist pada 20 Apr 2019, 07:00 WIB
20151020-Ilustrasi-Sakit-Demam

Liputan6.com, Jakarta Perubahan cuaca akhir-akhir ini membuat virus batuk dan flu cepat menyebar. Salah satu yang rentan terkena adalah bayi dan anak-anak. Apa yang harus ibu lakukan bila bayi terserang flu? Simak sharing Mommy Lulu Kusno dari Babyologist berikut ini.

Hati ibu mana yang tidak sedih ketika si Kecil sedang sakit? Sepertinya ingin penyakit si Kecil pindah ke kita sebagai ibunya. Tentunya Moms akan melakukan segala cara agar si Kecil kembali ceria seperti sediakala, bukan?

Akhir-akhir ini sedang musim flu & batuk Moms. Perubahan cuaca yang kadang tidak menentu menjadi salah satu faktor virus flu & batuk menyebar cepat. Terlebih lagi apabila kita/si Kecil dalam kondisi yang sedang tidak fit. Beberapa waktu lalu, baby Sarah terkena flu & batuk karena tertular saya. Setiap malam tidurnya terganggu karena hidungnya tersumbat dan sedikit demam.

Berikut saya sharing tips saat meredakan flu & batuk pada baby Sarah

  • ASI/susu formula merupakan asupan yang paling utama saat si Kecil sedang sakit, Moms. Jadi ASI/sufor ini tetap harus diberikan ya Moms.
  • Metode tradisional dengan bawang merah. Bawang merah diparut dengan sedikit asem dan dicampur dengan minyak telon, lalu dibalurkan ke dada, punggung dan kepala si Kecil. Setelahnya dapat diusap handuk hangat.
  • Aromatherapy Pure Decongestant Inhalant. Pure Inhalant ini juga bagus untuk digunakan, bisa dibakar sebagai aromatherapy atau bisa diteteskan oilnya di baju & batal si Kecil masing-masing 3 tetes.
  • Humidifier dengan tetesan oil peppermint & lavender dari Young Living. Untuk humidifier dengan tetesan peppermint oil, biasanya saya pakaikan malam hari, supaya udara lebih lembab dan aroma mint-nya membuat udara yang kita hirup lebih fresh sedangkan campuran lavender oil dapat membuat lebih rileks.
  • Minyak kayu putih/minyak telon. Baluran minyak kayu putih/minyak telon supaya membuat badan si Kecil tetap hangat.
  • Perbanyak skin to skin dengan si Kecil. Biasanya kalau si Kecil sedang sakit/merasa tidak enak badan, mereka akan sedikit rewel. Ada baiknya kita lebih sering skin to skin dengan si Kecil Moms. Selain si Kecil merasa nyaman & aman, juga dapat meredakan demamnya si Kecil.

Menurut saya, kita dapat mengoptimalkan terlebih dahulu dengan penggunaan metode-metode yang sekiranya dapat mengurangi flu & batuk tanpa harus ke dokter. Dan mengurangi pemberian obat-obatan kimia untuk si Kecil. Terkecuali hal-hal tersebut sudah dilakukan, apabila si Kecil belum berkurang flu & batuknya lebih dari 7 hari.

Live Streaming

Powered by