Cinta Penelope Sakit Kanker Stadium III, Ini Artinya

Oleh Benedikta Desideria pada 16 Apr 2019, 16:00 WIB
[Bintang] Cinta Penelope

Liputan6.com, Jakarta Selebrita Cinta Penelope divonis mengidap kanker sejak enam bulan lalu. Dalam beberapa waktu terakhir, stadium kanker yang diidapnya meningkat.

Cinta memutuskan untuk tidak memberi tahu ke publik tentang jenis kanker yang di deritanya. Namun, ia memberitahu stadiumnya.

"Sudah enam bulan, tapi status jadi stadium III baru sebulan kemarin," ungkap Cinta Penelope, dalam tayangan cumicumi.com, ditulis Selasa (16/4/2019).

Mengenai vonis kanker stadium 3, ada penjelasan mengenai hal tersebut. Saat dokter mendiagnosis seseorang terkena kanker, ia bakal memberi tahu stadiumnya. Hal ini merujuk pada ukuran kanker dan seberapa jauh penyebarannya. Dengan mengetahui stadium berapa, dokter juga akan menentukan treatment yang tepat seperti mengutip Web MD, Selasa (16/4/2019).

 

2 of 3

Stadium I-IV

[Fimela] Cinta Penelope
Cinta Penelope (Deki Prayoga/Fimela)

Stadium pada kanker dimulai dari I hingga IV. Begini maksud dari masing-masing stadium tersebut seperti melansir laman resmi National Health Service:

- Stadium I : Kanker ada di dalam bagian tubuh masih kecil dan belum menyebar ke bagian tubuh yang lain.

- Stadium II: Kanker mulai berkembang tapi tidak ada penyebaran

- Stadium III: Dibandingkan stadium II, ukuran kanker lebih besar dan ada kemungkinan telah menyebar ke jaringan yang ada di jaringan sekitarnya.

- Stadium IV: Kanker telah menyebar dari organ pertama ia tumbuh. Penyebaran setidaknya terjadi di satu organ tubuh lainnya. Kondisi ini disebut metastasis.

 

 

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓