Sukses

Upaya Selamatkan Orang Tenggelam bila Anda Tak Bisa Berenang

Ingin selamatkan orang tenggelam tapi Anda tak bisa berenang, ada upaya tepat yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Bogor Saat melihat orang tenggelam, hati tergerak untuk segera menyelamatkan orang yang bersangkutan. Yang perlu dipahami, Anda tentu harus bisa berenang untuk menyelamatkan orang tenggelam.

Jika Anda tak bisa berenang, maka cari bantuan. Anda bisa memanggil life guard, saran Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, Felix Samuel.

"Kalau lihat ada yang tenggelam, tapi enggak bisa berenang. Ya, jangan ikutan nyemplunglah. Nanti yang korban bukannya satu orang malah dua orang. Carilah bantuan life guard," ujar Felix saat ditemui di Royal Tulip Gunung Geulis Resort, Bogor, Jawa Barat, ditulis Selasa (16/4/2019).

Penanganan orang tenggelam, terutama Anda sebagai penolong harus aman. Artinya, bila tak bisa berenang. carilah bantuan. Evakuasi korban ke temoat aman.

"Jauhi dari tempat tenggelam. Cek respons dan nadi korban. Beri bantuan pernapasan atau segera cari bantuan lebih lanjut," tambah Felix.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah tenggelam

Cara mencegah tenggelam dengan belajar berenang. Bila sedang berlibur dengan membawa anak-anak ke kolam renang maupun pantai, sebaiknya awasi anak-anak.

"Pengawasan ini perlu agar mencegah anak-anak tenggelam," tambah Felix yang berpraktik di RSPI - Pondok Indah.

Jika diperlukan pelampung saat berenang di kolam maupun pinggir pantai, gunakanlah pelampung.

Ketika tenggelam, Anda akan mengalami gangguan pernapasan berupa batuk, sesak napas, tidak bernapas, dan tidak sadar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.