Hindari 4 Macam Makanan Ini dalam Menu MPASI si Kecil

Oleh Babyologist pada 14 Apr 2019, 09:00 WIB
Ibu dan bayi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Memasuki usia 6 bulan biasanya buah hati akan mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Ini adalah usia yang pas untuk anak mulai mencicipi makanan, organ pencernaannya telah mampu bekerja lebih baik. Meski begitu, ada beberapa macam makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam menu MPASI si Kecil, apa saja? Simak sharing Mommy Noviana Maharani Syaraswati dari Babyologist ini.

Usia 6 bulan adalah saat yang tepat untuk Moms memulai MPASI. MPASI adalah makanan pendamping ASI. Karena usia 6 bulan adalah usia yang cukup untuk kematangan organ-organ pencernaannya. Ketika si Kecil sudah mulai MPASI ternyata ada beberapa makanan yang harus dihindari saat penyajian makanannya lo Moms, karena jika salah maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan si Kecil seperti kembung, diare, kolik atau tinja berdarah

1. Madu

Madu sebaiknya diberikan pada bayi yang susah berusia 12 bulan ke atas. Hal ini karena madu mengandung bakteri clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan.

 

2 of 3

Pemanis buatan, garam, dan gula

Ilustrasi Garam
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​

2. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan mentah atau setengah matang memgandung bakteri salmonella yang bisa membahayakan kesehatan si Kecil. Makaman tersebut misalnya telur setengah matang, daging setengah matang dan sebagainya.

3. Pemanis buatan, garam dan gula

Pemanis buatan tidak disarankan untuk diberikan pada si Kecil karena berakibat pada kesehatannya. Untuk gula dan garam bisa diberikan usia 8 bulan ke atas dan harus sesuai takaran ya Moms. 1/4 sendok teh saja. Atau Moms bisa memberikan bawang putih yang diiris dan daun salam umtuk rasa gurih ketika merebus. Atau bawang bombay untuk menghasilkan rasa yang manis.

3 of 3

Susu segar

Air Susu Putih
Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

4. Susu sapi segar

Susu sapi segar dapat Moms berikan ketika usia bayi sudah 12 bulan ke atas. Ini karena kandungan natrium, kalium dan klorida yang sangat tinggi yang dapat membebani ginjal si Kecil. Selain itu kandungan zat besinya juga rendah, padahal bayi 6 bulan ke atas membutuhkan tambahan zat selain dari ASI. Susu sapi juga mengandung protein beta laktoglobulin yang dapat memicu alergi pada sebagian bayi.

Selamat mempersiapkan MPASI si Kecil. Jangan lupa jaga kebersihan tangan juga Moms sebelum menyajikan peratalatan makan dan bahan makanan.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait