Sukses

3 Cara Mudah Melepas Stres agar Hidup Lebih Bahagia

Hidup tentu penuh tantangan tapi ketika stres sudah melanda coba lepaskan dengan tiga hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada hidup bebas dari stres. Permasalahan seputar pekerjaan, masalah personal atau lingkungan bisa membuat seseorang stres. Namun, perlu strategi untuk melepaskan tekanan itu. 

Jika Anda merasakan hal ini dalam jangka waktu panjang, Anda dapat pergi ke psikolog memeriksakan kesehatan mental Anda. Sebelumnya, bisa juga melakukan beberapa hal yang bisa menurunkan stres. Seperti melansir dari laman Health, Jumat (12/4/2019) inilah cara cepat untuk mengatasi stress:

1. Olahraga

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan produksi endorfin di otak. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa olahraga membuat seseorang berada dalam mood yang bagus selama beberapa jam.

Studi dalam American Journal of Psychiatry mengatakan bahwa olahraga secara rutin dapat menghambat perkembangan depresi.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Menghubungi teman atau keluarga

Studi menemukan bahwa menghabiskan waktu satu jam untuk berinteraksi memiliki manfaat yang  baik untuk kesehatan mental.  Anda dapat melakukan olahraga bersama keluarga atau teman Anda untuk memperbesar maanfaat tersebut.

3. Menulis di buku harian

Menumpahkan segala kekesalan atau kerasahan yang ada di dalam hati bisa mengurangi tekanan. Selain itu, aktivitas ini terkait dengan meningkatnya suasana hati dan penurunan risiko depresi. Beberapa peneliti menyarankan untuk menuliskan tiga hal yang membuat Anda bahagia untuk merefleksikan hari Anda.

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.