Sukses

Operasi Katup Jantung Berhasil, Mick Jagger Bersyukur Masih Hidup

Operasi katup jantung yang dilakukan vokalis 75 tahun, Mick Jagger dikabarkan berhasil. Kini, dirinya siap untuk melakukan tur lagi setelah beristirahat

Liputan6.com, Jakarta Bintang rok senior Mick Jagger akhirnya menjalani operasi katup jantung pada Kamis lalu. Vokalis The Rolling Stones itu saat ini sedang dalam masa pemulihan.

"Terima kasih semuanya atas semua pesan dan dukungan Anda, saya merasa jauh lebih baik saat ini dan dalam pemulihan. Terima kasih juga kepada semua petugas rumah sakit yang melakukan pekerjaan luar biasa," tulis Mick Jagger dalam sebuah pesan di Facebook.

Melansir Prevention pada Selasa (9/4/2019), adik laki-laki Jagger, Chris mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa pria 75 tahun ini bersyukur bahwa dirinya masih hidup. Padahal, hasil pemindaian jantung menemukan kondisi yang dialami Jagger sama dengan yang kondisi yang membuat Joe Strummer, vokalis band The Clash, meninggal di usia 50.

"Itu terjadi pada Joe. Dia kembali dari jalan-jalan bersama anjing dan istrinya menemukannya jatuh di sofa. Dia punya masalah katup jantung ini," kata Chris.

Chris mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa berlangsung turun temurun. Beruntunglah, sang kakak berhasil didiagnosis dengan cepat.

Meskipun begitu, Mick tetap membutuhkan istirahat. Chris sendiri telah meminta saudaranya untuk mengambil cuti dan menunda tur bersama The Rolling Stones. Namun, dia pulih dengan lebih cepat setelah operasi dan hanya butuh waktu sesaat sebelum siap untuk tampil lagi.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Bisa Kembali ke Panggung?

 

Marc Gillinov, MD, dari Department of Thoracic and Cardiovascular Surgery di Sydell and Arnold Miller Family Heart & Vascular Institute at Cleveland Clinic mengatakan umumnya seseorang akan menghabiskan waktu satu hari atau lebih di unit perawatan intensif. Kemudian, akan dipindahkan ke kamar biasa untuk memantau kondisi pasien.

Secara keseluruhan, paling tidak diharapkan sekitar dua sampai tiga minggu pemulihan dengan prosedur berbasis kateter. Sementara, untuk operasi robotik butuh tiga hingga empat minggu. Untuk prosedur jantung terbuka paling tidak dibutuhkan enam sampai delapan minggu.

"Kebanyakan orang akan berjalan-jalan lagi dalam beberapa hari (pascaoperasi)," kata Gillinov.

Namun, di usia yang lebih tua seperti Mick Jagger, pemulihan operasi mungkin bisa lebih lama. Gabriele Di Luozzo, kepala bedah aorta di Mount Sinai St Luke's, New York, Amerika Serikat mengatakan, orang berumur 75 seperti Jagger paling tidak butuh waktu hingga satu setengah bulan untuk bisa kembali ke atas panggung.

 

3 dari 3 halaman

Menyesal Membatalkan Tur

Sebelumnya, The Rolling Stones terpaksa membatalkan konser turnya karena Jagger harus menjalani operasi katup jantung. Tidak hanya para penggemarnya yang harus kecewa, dirinya juga menyesal melakukannya.

"Saya benar-benar benci mengecewakan kalian sepert ini. Saya kecewa karena harus menunda tur, tetapi saya akan berusaha keras untuk kembali ke atas panggung secepat mungkin," kata penyanyi kelahiran Inggris ini dalam sebuah pernyataan di media sosial Twitter dan Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.