Sukses

Minum Es Bikin Anak Sakit Radang Tenggorokan, Mitos atau Fakta?

Minum es memang menyegarkan tapi takut bikin anak radang tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta "Minum es terus....," Biasanya itu yang diungkapkan orangtua ketika anaknya radang tenggorokan. Namun benarkah minum es memicu radang tenggorokan?

Menurut dokter Reza Fahlevi dari Klikdokter.com, minum es bukanlah penyebab utama radang tenggorokan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa faktor fisik, seperti udara yang dingin dan kering bisa membuat lapisan mukosa pada tenggorokan anak mengalami iritasi. Dengan kata lain, minum es bisa meningkatkan risiko seorang anak untuk mengalami radang tenggorokan.

Lapisan mukosa tenggorokan anak masih sangat tipis sehingga mudah sekali terbentuk luka-luka kecil tak kasat mata akibat adanya iritasi. Nah, mukosa yang teriritasi akan lebih mudah mengalami peradangan dan terinfeksi oleh virus dibandingkan dengan lapisan mukosa yang normal.

Laiknya kulit, lapisan mukosa pada daerah tenggorokan merupakan lapisan pertahanan terluar dari berbagai ancaman yang datang dari lingkungan, seperti virus atau bakteri. Jika bagian tersebut rusak, misalnya akibat iritasi yang disebabkan oleh minum es terlalu sering, kuman akan dengan mudahnya masuk dan menyebabkan peradangan.

Tak hanya itu, pada anak yang sudah mengalami radang tenggorokan, minum es terlalu sering juga akan menghambat proses penyembuhan, karena jaringan mukosa yang sudah diperbaiki dapat kembali rusak oleh iritasi akibat es.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengobatan

Tidak setiap kasus radang tenggorokan membutuhkan antibiotik. Pasalnya, antibiotik hanya berfungsi untuk mengobati radang tenggorokan yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Sementara itu, penyebab radang tenggorokan yang paling sering adalah infeksi virus, yang membutuhkan obat-obatan golongan antivirus, bukan antibiotik.

Nah, kini terjawab sudah bahwa penyebab radang tenggorokan pada anak yang sebenarnya adalah infeksi virus atau bakteri.

Kendati begitu, minum es terlalu sering dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan, sehingga virus atau bakteri lebih mudah mengakibatkan radang tenggorokan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika orang tua ingin membatasi si Kecil mengonsumsi minuman dingin atau yang mengandung es supaya tidak mudah mengalami radang tenggorokan.

 

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini