Sukses

Selain Nyeri, Ini Perubahan pada Payudara Saat Haid

Ada dua hal lain yang kerap dirasakan wanita pada payudara saat haid.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon yang terjadi pada wanita saat haid alias menstruasi turut memengaruhi kondisi payudara. Nyeri pada payudara salah satu hal yang sering diungkapkan para wanita ketika haid datang.

Rasa nyeri ini terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen yang salah satu dampaknya akan membuat payudara  jadi lebih sensitif sehingga terasa sangat nyeri terutama jika disentuh. Selain itu, dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah perubahan yang biasanya terjadi pada payudara ketika haid:

- Bertambah Besar

Selain munculnya rasa nyeri, hal lain yang tampak adalah ukuran payudara yang lebih besar dibanding biasanya. Perubahan ini terjadi karena ada fluktuasi hormon yang membuat kelenjar lemak dalam payudara akan mengembang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Perubahan tekstur

Tak hanya dari ukuran, tekstur payudara pun jadi lebih lembut. Perubahan tekstur payudara yang lebih lembut dari biasanya ini juga disebabkan oleh perubahan hormon.

Tiga perubahan tersebut merupakan hal yang umum dialami oleh payudara ketika masa menstruasi tiba. Walaupun hal ini terasa tak nyaman, namun perubahan ini merupakan hal yang tidak berbahaya dan normal terjadi tiap bulannya.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.