Sukses

4 Sumber Kalsium Selain Susu yang Mampu Tepis Osteoporosis

Selain susu, ada banyak sumber makanan dan minuman tinggi kalsium yang baik untuk tulang

Liputan6.com, Jakarta Susu terkenal dengan manfaat kalsiumnya bagi kesehatan. Di segelas susu, terdapat 305 miligram kalsium yang bermanfaat membantu fungsi otot dan mencegah osteoporosis.

Bagi rata-rata orang dewasa, konsumsi kalsium yang diperlukan dalam sehari adalah 1.000 miligram. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu.

Bila Anda tak terbiasa minum susu, ada sumber lainnya yang tinggi kalsium, yang bisa Anda pilih seperti dikutip dari Reader's Digest pada Sabtu, 6 April 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinggi kalsium selain susu

1. Ikan salmon

Salmon memiliki banyak kandungan kalsium. Dalam satu porsi salmon segar (6 ons) mengandung sekitar 340 miligram kalsium. Sedangkan pada salmon kalengan memiliki kalsium yang lebih banyak, yaitu 350 miligram.

2. Ikan sarden

Mengonsumsi 3 ons sarden dapat memberikan 370 miligram kalsium. Selain kalsium, sarden juga memberikan manfaat omega-3 dan vitamin D.

 

3 dari 3 halaman

Tahu juga tinggi kalsium

3. Tahu

Sebanyak 861 miligram kalsium dapat ditemukan dalam tahu. Tahu akan lebih enak dan sehat apabila dikonsumsi dengan sayuran.

4. Oatmeal

Havermut memiliki sekitar 200 miligram kalsium. Akan menambah lebih banyak kalsium (sekitar 300-400 miligram) apabila dicampur dengan susu almond.

Penulis : Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini