Sukses

Memikirkan Pasangan, Cara Mudah Usir Stres

Penelitian telah membuktikan bahwa memikirkan pasangan romantis bisa jadi cara mudah untuk usir stres

Liputan6.com, Jakarta Stres tidak bisa dihindari. Namun, ada cara untuk menguranginya, salah satu yang paling mudah adalah dengan membayangkan wajah pasangan atau orang yang dicintai.

Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Psychophysiology menemukan bahwa menggambarkan orang yang penting bagi Anda di pikiran, memiliki manfaat yang sama dengan kehadiran mereka secara fisik. Kondisi itu akan membuat tubuh mengelola respon kardiovaskular yang berpengaruh pada tingkat stres.

Dilansir dari Huffington Post pada Selasa (2/4/2019), para peneliti dari University of Arizona, Amerika Serikat meminta 102 peserta yang memiliki pasangan untuk menyelesaikan tugas berat dan membuat stres. Mereka diminta untuk merendam kaki ke dalam air es sedalam tiga inci selama empat menit. Uji coba ini diklaim aman oleh para peneliti.

"Hanya agak tidak menyenangkan, tergantung dari toleransi dingin seseorang," kata pimpinan studi dan mahasiswa doktoral Kyle Bourassa pada Huffington Post.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temuan Penelitian

Sebelumnya, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok secara acak. Kelompok pertama hanya duduk diam selama percobaan ditemani pasangannya di ruangan yang berbeda. Di kelompok kedua diminta memikirkan pasangan romantis mereka yang tidak hadir dan kelompok ketiga atau kelompok kontrol, diminta memikirkan tentang hari-hari mereka selama pecobaan.

Para peneliti lalu mengukur tekanan darah, detak jantung, serta variabilitas detak jantung sebelum, selama, dan setelah percobaan. Hasilnya, kelompok yang ada bersama pasanganny memiliki respon tekanan dara yang lebih rendah pada air dingin, ketimbang kelompok ketiga. Sementara, para peserta yang memikirkan pasangan mereka memiliki respon tekanan darah yang sebanding dengan kelompok pertama.

"Penelitian menunjukkan bahwa di saat stres, memikirkan pasangan romantis sebagai dukungan psikologis mungkin bermanfaat dalam hal respon tekanan arah," kata Bourassa.

3 dari 3 halaman

Kalau Jomlo, Bagaimana?

Masalahnya, bagaimana dengan para jomlo?

Bourassa mengatakan bahwa Anda para jomlo cukup memikirkan siapa pun yang disayangi. Meskipun, yang dipikirkan adalah orang yang Anda cintai, namun dia tidak membalas rasa cinta Anda. Menurutnya, ini adalah teknik yang teruji untuk memerangi stres.

Tidak harus pasangan romantis. Anda juga bisa membayangkan orang-orang yang dikasihi lainnya seperti orangtua, sahabat, anak, atau bahkan hewan peliharaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.